Gagal Mendarat, Roket SpaceX Elon Musk Meledak saat Uji Coba, Begini Penampakannya

- Jumat, 5 Februari 2021 | 20:20 WIB
Prototipe roket Starship milik SpaceX meledak saat melakukan pendaratan (Tangkapan Layar)
Prototipe roket Starship milik SpaceX meledak saat melakukan pendaratan (Tangkapan Layar)

Prototipe roket Starship milik SpaceX meledak saat melakukan pendaratan di Texas, Amerika Serikat, Selasa (2/22021).

Roket Serial Number 9 atau SN9 bertujuan untuk terbang setinggi 10 kilometer. Penerbangan ini sama seperti yang dijalankan SpaceX pada Desember lalu saat meluncurkan SN8.

Pada percobaan itu, roket setinggi 50 meter ini meluncur ke udara sejauh 10 kilometer, lalu melakukan manuver berputar horizontal saat akan masuk kembali ke atmosfer Bumi untuk melakukan pendaratan.

Sayangnya roket itu menghantam tanah terlalu keras saat mencoba mendarat. Walaupun SN9 meledak seperti yang terjadi dengan SN8, SpaceX tetap menganggap uji terbang ini sebagai peningkatan.

Prototipe berikutnya, SN10 akan diujicobakan saat SN9 telah mengudara. SpaceX mengembangkan Starship dengan tujuan dapat meluncurkan pesawat untuk mengangkut kargo dan sekitar 100 orang dalam misi ke Bulan dan Mars.

Sementara itu Terkait inseiden tersebut, Administrasi Penerbangan Federal (Federal Aviation Administration) akan mengawasi penyelidikan pendaratan kecelakaan roket prototipe SpaceX. Pengumuman itu muncul setelah FAA memaksa SpaceX untuk menunda peluncuran karena sedang menyelidiki ledakan dari prototipe roket serupa sebelumnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MANAberita (@manaberita)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X