Ini Alasan CFD Jakarta Kembali Ditutup

- Minggu, 16 Agustus 2020 | 09:00 WIB
Ilustasi pesepeda di masa PSBB Transisi Jakarta. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
Ilustasi pesepeda di masa PSBB Transisi Jakarta. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)

Dua area Car Free Day (CFD) di Jalan Sultan Iskandar Muda, Arteri Pondok Indah dan Cipete Raya tampak tak ramai lagi seperti minggu-minggu sebelumnya karena dipenuhi dengan warga yang berolahraga dengan sepeda maupun yang berlari kecil atau hanya sekedar jalan-jalan. 

Tak ada lagi penyekatan jalan seperti semula. Hanya tampak beberapa orang pesepada dan orang yang berlari kecil melintasi area tersebut. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) juga tampak berada di lokasi tersebut untuk mengawasi masyarakat. Kehadiran mereka untuk memantau lokasi dan mengingatkan masyarakat agar hati-hati karena jalan sudah berfungsi normal.

Petugas Dishub, Kebayoran Lama, Joan Jingar Sinambela bersama beberapa rekannya tampak sementara menjalankan tugas pengawasan. Beberapa kali mereka terlihat mengatur para sepeda yang ramai melintas. 

"Kita di sini, hanya mengawasi. Kalau yang gak pakai masker kita tegur. Kalau yang masih ramai-ramai sepedaan, kita himbau untuk lebih ke pinggir karena jalan sudah berfungsi normal. Nggak kaya minggu-minggu lalu," kata Joan pada Indozone di Jl Iskandar Muda, Arteri Pondok Indah, Minggu (16/8/2020).

Joan menambahkan memang sejak perpanjangan PSBB Transisi, 14 Agustus 2020, Pemprov kembali menutup 32 area CFD di wilayah masing-masing kota, karena masih banyak masyarakat abai terhadap protokol kesehatan dan masih kumpul usai melakukan aktivitas olahraganya.

"Kalau dari hasil evaluasi, memang banyak masyarakat masih ngeyel. Gak pake masker dengan benar, kumpul-kumpul setelah olahraga. Ditegur gak ikut. Ya macam-macam lah di lapangan. Karena penularan Covid masih tinggi ya akhirnya ditutup lagi CFD. Memang kalau sepedaan susah pakai masker. Tapi kalau pas berhenti kumpul-kumpul, nggak pakai masker dengan benar, nggak perhatiin jarak. Itu yang salah," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X