The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sumut Juara 1 Kasus Penyelewengan Dana Bansos Covid-19, Disusul Jabar dan NTB
Ilustrasi
News

Sumut Juara 1 Kasus Penyelewengan Dana Bansos Covid-19, Disusul Jabar dan NTB

Selasa, 28 Juli 2020 19:23 WIB 28 Juli 2020, 19:23 WIB

INDOZONE.ID - Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri memaparkan daerah yang paling banyak dugaan penyalahgunaan wewenang dana bantuan sosial (bansos) kepada warga yang terdampak wabah Coronavirus Disease 19 (Covid-19).

Berdasarkan data kepolisian, Sumatera Utara menjadi daerah terbanyak dengan 38 kasus. Diikuti oleh Jawa Barat dengan 18 kasus.

Menurut penuturan Karo Penmas Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, pihaknya menghimpun total 102 kasus dugaan penyelewengan dana bansos Covid-19 dari 20 daerah.

"Data yang diterima, terdapat 102 kasus penyelewengan bantuan sosial. Kasus-kasus tersebut ditangani Satgassus di 20 Polda," kata Awi, Senin (27/7/2020).

"Polda Sumatera Utara sebanyak 38 kasus. Kedua, Polda Jawa Barat sebanyak 18 kasus. Polda NTB sebanyak 9 kasus," sambungnya.

Awi mengatakan, Polri tidak akan menoleransi bentuk penyelewengan dana bansos Covid-19 dalam bentuk apapun. 

"Penyelewengan dana bansos apapun bentuk penyelewengannya walaupun sudah ada kesepakatan untuk pemerataan, tetap saja hal tersebut tidaklah benar," ujar Awi.

Berdasarkan hasil penyelidikan, diketahui sejumlah alasan penyalahgunaan bantuan sosial itu adalah pemotongan dana dan pembagian tidak merata, pemotongan dana sengaja dilakukan perangkat desa dengan maksud asas keadilan bagi mereka yang tidak menerima (hal tersebut sudah diketahui dan disetujui penerima bantuan). 

Motif lainnya pemotongan dana untuk uang lelah, pengurangan timbangan paket sembako dan terakhir adalah tidak ada transparansi kepada masyarakat terkait sistem pembagian dan dana yang diterima.

Berikut 102 kasus dugaan penyelewengan dana bansos Covid-19:

1. Polda Suumatera Utara 38 kasus
2. Polda Jawa Barat 18 kasus
3. Polda NTB 9 kasus
4. Polda Riau 7 kasus
5. Polda Jawa Timur dan Polda Sulawesi Selatan 4 kasus
6. Polda Sulawesi Tengah, Polda NTT dan Polda Banten 3 kasus
7. Polda Sumatera Selatan dan Polda Maluku Utara 2 kasus
8. Polda Kalimantan Tengah, Polda Kepulauan Riau, Polda Sulawesi Barat, Polda Sumatera Barat, Polda Kalimantan Utara, Polda Lampung, Polda Papua Barat, Polda Kalimantan Barat dan Polda Papua 1 kasus
 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Nanda Fahriza Batubara
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US