Antisipasi Lonjakan Trafik, Kominfo Siapkan Layanan Telekomunikasi Selama Idul Fitri

- Sabtu, 23 Mei 2020 | 01:03 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. (Photo/ANTARA/HO Biro Humas Kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. (Photo/ANTARA/HO Biro Humas Kominfo)

Mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik untuk bersilaturahmi digital saat Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempersiapkan jaringan telekomunikasi.

"Di antaranya adalah menjaga kinerja jaringan telekomunikasi agar terus dapat memberikan layanan yang baik," kata Menkominfo Johnny G Plate, dalam konferensi virtual, di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Johnny juga mengatakan akan menambahkan kapasitas BTS dan menyediakan mobile BTS apabila diperlukan.

"Sampai saat ini, berdasarkan data yang disampaikan oleh operator, terdapat sekitar 178 mobile BTS yang dikerahkan untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada kondisi Darurat Covid-19, dari keseluruhan BTS secara Nasional sejumlah 479.125," ujar Johnny.

Johnny menyebutkan jumlah BTS 4G existing, pada Q3 2019, di seluruh Indonesia tercatat sebanyak 173.294, BTS 3G sebanyak 188.849 dan BTS 2G sebanyak 116.982. Sementara, total panjang fiber optic adalah 348.442 km.

Menurut, Johnny mayoritas masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan jaringan seluler (mobile broadband) sebagai jaringan aksesnya.

"Mengingat jaringan seluler menggunakan spektrum frekuensi radio sebagai media penghantarnya, maka ada kerentanan terhadap gangguan dan sebagainya sehingga kualitas yang diterima masyarakat juga tidak maksimal," ujar Johnny.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X