Cegah SOTR di Jakarta, Polisi Bakal Lakukan Penyekatan dari Senayan hingga Harmoni

- Rabu, 7 April 2021 | 19:59 WIB
Ilustrasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan rekayasa lalu lintas dengan penyekatan jalan. (Twitter/@TMCPoldaMetro)
Ilustrasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan rekayasa lalu lintas dengan penyekatan jalan. (Twitter/@TMCPoldaMetro)

Polda Metro Jaya mengeluarkan kebijakan melarang kegiatan sahur on the road (SOTR) di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada bulan ramadan tahun ini. Polda Metro sendiri nantinya akan melakukan penyekatan dibeberapa titik ruas jalan untuk meminimalisir kegiatan SOTR.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus membeberkan cara bertindak pihaknya saat meminimalisir adanya kegiatan SOTR. Penyekatan atau filterisasi kendaraan bakal dilakukan pihaknya.

"Kita lakukan filterisasi di daerah yang sering terjadi sahur on the road. Di jalan raya pusat kota mulai Senayan sampai Harmoni itu mulai malam sampai pagi kita filterisasi," kata Kombes Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Update Corona Jakarta 7 April: Tambah 862, Total Kasus Jadi 388.338 

"Nah filterisasi ini seperti apa? Nanti kita tutup perempatan-perempatan jalan yang jadi tempat berkumpulnya," sambung Yusri.

Jika ditemukan ada masyarakat yang tetap nekat menggelar SOTR, polisi akan menyekat jalan dan mengimbau masyarakat untuk bubar. Jika masyarakat tidak mengindahkan imbauan polisi, pihaknya akan melakukan tindakan hukum.

"Bagaimana kalau kita lihat kerumunan sahur on the road? Kita bubarkan. Yang kita kedepankan secara persuasif dan humanis. Kalau dibubarkan, diperingatkan tidak bisa, baru namanya penindakan hukum protokol kesehatan yang kita lakukan," beber Yusri.

Mengenai penyekatan ini, Yusri menyebut penyekatan akan berlangsung sejak malam hingga dini hari. Tak hanya penyekatan, nantinya juga akan diadakan patroli skala besar.

Sekedar informasi, Polda Metro Jaya melarang adanya kegiatan SOTR pada bulan ramadhan tahun ini di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Keputusan ini dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya kerumunan dan mencegah penyebaran virus corona.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X