The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemerintah Resmi Mulai Proyek Pembangunan 10 Desa Wisata Danau Toba
Sejumlah wisatawan menikmati panorama Danau Toba dari atas bukit Taman Sipinsur Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Sabtu (2/12). (Photo/ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
News

Pemerintah Resmi Mulai Proyek Pembangunan 10 Desa Wisata Danau Toba

Jumat, 10 Juli 2020 22:58 WIB 10 Juli 2020, 22:58 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah telah resmi memulai proyek pembangunan 10 desa wisata di kawasan destinasi pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara. Pembangunan itu dilakukan secara simbolis ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) toilet wisata dan pengelolaan persampahan.

Arie Prasetyo selaku Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) menyampaikan bahwa pengembangan 10 desa wisata itu merupakan pilot project (proyek percontohan).

"Jadi tadi ada groundbreaking pengembangan desa wisata yang ditandai dengan groundbreaking toilet wisata yang dapat CSR Pertamina dan juga pengelolaan persampahan dari Pegadaian," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa peletakan batu pertama dihadiri oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Adapun 10 desa yang dipilih dalam proyek tersebut, yakni Kabupaten Humbang Hasundutan (tiga desa), Kabupaten Toba (empat desa) dan Kabupaten Tapanuli Utara (tiga desa).

Selain itu, pemerintah juga memberikan uang kerohiman senilai total Rp26 miliar bagi masyarakat yang terdampak proyek pengembangan pariwisata di lahan seluas 279 hektare.

"Uang kerohiman ini bukan ganti rugi lahan, yang diganti adalah ekonomi masyarakat yang terdampak karena pengembangan Danau Toba," kata Arie.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US