Jumlah Pesepeda Makin Banyak, Anies Baswedan Usulkan Buat Jalur Sepeda di Tol

- Rabu, 26 Agustus 2020 | 16:24 WIB
Sejumlah pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Minggu (19/7/2020). (ANTARA/Aditya Pradana Putra)
Sejumlah pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Minggu (19/7/2020). (ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi usul ke Kementrian PUPR untuk membuat jalur sepeda di tol. Ruas tol yang diusulkan untuk dibuat jalur sepeda yaitu di Tol Wiyoto Kebon Nanas sampai dengan arah Tanjung Priok. Adapun panjang jalur yang diusulkan yaitu 12 kilometer.

"Kami dari Pak Gubernur mengusulkan pada Pak Menteri PUPR untuk disiapkan satu ruas tol tepatnya mulai dari Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Rabu (26/8/2020).

Bukan tanpa alasan, usul ini disampaikan Anies karena meningkatnya jumlah pesepeda di masa pandemi.

Tapi, jika jalur sepeda nantinya jadi direalisasikan, tidak semua pesepeda bisa melewatinya. Hanya pesepeda-pesepeda tertentu yang bisa melewati jalur tersebut.

"Satu sisi yang akan digunakan sebagai jalur sepeda sementara untuk sepeda sport, bukan sepeda seperti biasa. Road bike," kata Syafrin.

Syafrin menambahkan, jalur sepeda tersebut rencananya akan dibuat dua arah dan di dalam tol akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Kendati demikian, soal pembuatan jalur sepeda terus masih menunggu izin dari Menteri PUPR.

"Itu akan digunakan jadi 2 arah dan tetapi untuk pelaksanaannya tetap menunggu surat izin dari Pak menteri. Para pesepeda ini adanya di dalam tol. Jadi ruas tol itu ditutup tentu akan ada manajemen dan rekayasa lalin pengendalian arus," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X