Jabat Kabaintelkam, Paulus Waterpauw Jadi Putra Papua Pertama Berpangkat Komjen

- Jumat, 19 Februari 2021 | 14:02 WIB
Komjen Pol Paulus Waterpauw. (Humas Polda Papua)
Komjen Pol Paulus Waterpauw. (Humas Polda Papua)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengangkat jabatan Irjen Paulus Waterpauw dari Kapolda Papua menjadi Kabaintelkam Polri. Dengan bergesernya jabatan Paulus, dirinya bakal menambah satu bintang di pundaknya alias menjadi jenderal polisi bintang tiga.

"Baru kali ini putra Papua mendapat bintang tiga di Polri," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Putra Papua yang dimaksut Neta yakni Irjen Paulus Waterpauw. Irjen Paulus kini sudah tidak lagi menjabat sebagai Kapolda Papua.

Neta menilai rotasi di tubuh Polri pertama di masa kepemimpinan Jenderal Sigit bisa melengserkan Komjen Rycko dari posisi Kabaintelkam. Komjen Rycko sendiri diketahui merupakan eks ajudan Presiden SBY.

Baca Juga: Polisi Temukan Barang Bukti Sabu di Lemari Rahasia Milik Jennifer Jill

"Mutasi pertama Kapolri Sigit ini berhasil mereposisi Kabaintelkam yang semula dipegang mantan ajudan Presiden SBY, Komjen Rycko diserahkan kepada Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw," beber Neta.

Lebih jauh Neta menyebut Polri membutuhkan peran dari Intelkam. Dia juga mencontohkan kasus baku tembak anggota Polda Metro Jaya dengan laskar FPI beberapa waktu yang lalu.

"Terjadinya kerumunan massa dalam kepulangan Habib Rizieq maupun kasus penembakan laskar FPI di Tol Cikampek tak terlepas dari kelemahan deteksi dini dan antisipasi Baintelkam sehingga reposisi di Baintelkam polri menjadi sebuah kewajaran dilakukan," pungkas Neta.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X