Buka Rakernas, Presiden PKS Sampaikan Tiga Koridor Penting untuk Program Nasional Partai

- Senin, 1 Maret 2021 | 13:37 WIB
Ilustrasi logo PKS. (Instagram/@pk_sejahtera).
Ilustrasi logo PKS. (Instagram/@pk_sejahtera).

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyampaikan tiga koridor penting dalam penyusunan program kerja partainya. Hal tersebut dikatakan Syaikhu dalam pidato pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS, Senin (1/3/2021).

"Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan tiga koridor penting dalam penyusunan program kerja nasional PKS," ungkap Syaikhu.

Adapun tiga koridor yang akan disampaikannya adalah mengenai gagasan. Dimana seluruh program kerja harus mempunyai akar dari tiga landasan utama berkaitan dengan nilai-nilai Islam, Pancasila, Konstitusi UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dan landasan organisasi.

Baca Juga: Kritik Penanganan Pandemi Oleh Pemerintah, Presiden PKS: Terkesan Meremehkan

"Pertama gagasan dari seluruh program kerja PKS harus berakar dari nilai-nilai Islam yang universal dan substansial. Kedua membawa semangat nilai-nilai Pancasila, Konstitusi UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dan Ketiga adalah landasan organisasional yang mengacu kepada aturan partai," jelas Syaikhu.

Koridor kedua, lanjut Syaikhu, adalah landasan pelaksanaan. Dimana ia harap program kerja yang disusun dalam Rakernas ini dapat menyoroti kepentingan rakyat.

"Disini ada beberapa prinsip. Pertama yaitu solutif. Saya meminta agar program kerja yang disusun berorientasi kepada penyelesaian permasalahan serta berorientasi kepada pelayanan, pemberdayaan, dan pembelaan terhadap kepentingan rakyat," tutur Sayikhu.

Ia juga mengingatkan prinsip kedua dalam poin landasan pelaksanaan adalah kolaboratif, sebab saat ini sudah memasuki era untuk saling berkolaborasi.

"Tidak boleh ada ego sektoral. Semua harus berkolaborasi dengan baik, harus menjadi pemain tim yang baik. Bukan hanya kolaborasi di internal, tetapi harus membangun jejaring kolaborasi dengan berbagai elemen bangsa," tutur Syaikhu.

Syaikhu melanjutkan koridor ketiga adalah landasan pemenangan atau elektoral. Dimana sudah sewajarnya setiap gerak dan langkah perjuangannya harus memiliki dampak terhadap capaian kemenangan politik atau elektoral agar kita bisa optimal dalam melayani dan membela kepentingan rakyat.

 "PKS adalah partai politik, bukan NGO atau ormas. Sudah sewajarnya setiap gerak dan langkah perjuangannya memiliki dampak terhadap pemenangan politik," tandas Syaikhu.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X