Pembangunan Jurassic Park, Begini Sistem Melihat Komodo di Masa Depan

- Rabu, 28 Oktober 2020 | 17:29 WIB
Ilustrasi komodo. (Pexels/Dimitri Dim)
Ilustrasi komodo. (Pexels/Dimitri Dim)

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK, Wiratno menyebut pembangunan taman serupa "Jurassic Park" di Pulau Rinca akan membuat sistem menyaksikan komodo berbeda di masa depan.

"Kita akan mendapatkan satu sistem melihat komodo yang bagus. Seperti di luar negeri, melihat satwa nggak bisa langsung bersentuhan," kata Wiratno dalam webinar Penataan Sarpras di Loh Buaya Taman Nasional Komodo, Rabu (28/10/2020).

Ia menjelaskan di zaman dulu pengunjung harus membeli kambing untuk dapat menyaksikan komodo melahapnya. Namun hal ini disetop karena menimbulkan risiko. Wiratno juga menyebut cara pengunjung menyaksikan komodo saat ini cukup berbahaya.

"Saat ini banyak sekali turis yang datang melihat komodo langsung. Itu yang sebetulnya sangat berbahaya walaupun ada guide yang membantu agar komodo tersebut tidak menyerang visitor," ujarnya.

Pembangunan yang dilakukan di Pulau Rinca meliputi dermaga, pengaman pantai, pusat informasi, pondok ranger, pondok peneliti, dan elevated deck. Melalui elevated deck inilah nantinya pengunjung dapat menyaksikan komodo dari jarak yang tidak terlalu dekat.

"Ini elevated deck yang modelnya seperti ekor komodo, sehingga para pengunjung nanti akan melihat komodo dari atas. Tidak boleh bersentuhan langsung dengan komodo seperti yang ada saat ini," tutup Wiratno.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X