Hadapi New Normal, Pelabuhan di Indonesia Terapkan Strategi Ini

- Rabu, 20 Mei 2020 | 20:27 WIB
Ilustrasi pelabuhan.(freepik)
Ilustrasi pelabuhan.(freepik)

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) mempersiapkan strategi untuk operasional, dalam menghadapi masa 'The New Normal', seusai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir. 

Direktur Utama IPC, Arif Suhartono  membeberkan dua skema besar dalam menyongsong fase The New Normal, yakni terkait dengan sumber daya manusia (SDM) dan bisnis.

Berkaitan dengan SDM, Arif mengatakan bahwa hal itu menjadi sangat penting, terutama dalam masa pandemi. Termasuk dalam hal ini ialah terkait kesehatan, kesiapan tempat kerja, dan communication & support culture.

Dari sisi kesehatan, pihaknya akan mengakselerasi smart work dan meningkatkan kualitas kesehatan dan higenitas. Sementara untuk kesiapan tempat kerja, akan dilakukan pengelolaan workforce fexibility, mengidentifikasi critical & supporting role, dan menurunkan risk exposure.

-
Ilustrasi pelabuhan.(freepik)

Terkait dengan Communication & support culture, Arif menyebut pihaknya akan membuat struktur dan saluran komunikasi yag jelas dan efektif, serta membangun dan memperkuat ekosistem. Sementara untuk bisnis, IPC akan lebih banyak melakukan penyesuaian.

"Terkait dengan bisnis kita harus lebih fokus terhadap cost effectiveness tentunya. Kemudian terkait dengan bisnis proses dengan adanya adjustment terkait covid-19," ujar Arif dalam video confference hari ini, Rabu (20/5/2020). 

IPC, lanjut Arif, juga akan melakukan cost effectiveness, yaitu dengan memprioritaskan aktivitas yang bisa meningkatkan pendapatan secara efisien, khususnya saat new normal berlangsung.

"Lalu kemudian dengan refocussing IPC, di mana kami melihat IPC ini back to basic, dalam artian IPC ini adalah suatu industri service, di mana kita pastikan apa yang kita diberikan kepada customer kita harus sesuai dengan apa yang mereka ekspektasikan kepada kita," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X