Agar Tidak Menyesal, Kemenhub Ingatkan Keselamatan Bersepeda

- Sabtu, 17 Oktober 2020 | 14:21 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: INDOZONE)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: INDOZONE)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mensosialisasikan penggunaan sepeda dengan keselamatan melalui acara Virtual Fun Bike yang diikuti oleh sekitar 4.000 pesepeda di 26 kota di Indonesia.

“Bersepeda saat ini menjadi sebuah tren dan gaya hidup baru di tengah pandemi. Kami ingin sepeda menjadi salah satu pilihan moda transportasi bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena sepeda merupakan transportasi yang ramah lingkungan dan menyehatkan,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (17/10/2020).

Dalam sistem transportasi massal, bersepeda merupakan bentuk dari Non-Motorized Transportation (NMT) yang digunakan dalam tahapan first mile dan last mile saat berproses menggunakan transportasi publik.

“Sepeda bisa menjadi bagian dari integrasi antarmoda yang baik dengan transportasi publik seperti KRL, MRT, dan BRT,” jelas Menhub.

Menhub mengatakan Kementeriannya hadir untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bersepeda bagi masyarakat dengan menerbitkan Peraturan Menhub Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengendara sepeda.

“Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap penggunaan sepeda, jangan sampai mengabaikan keselamatan yang mendatangkan penyesalan. Bersepeda dengan selamat menjadi suatu keharusan,” jelas Menhub.

Lebih lanjut Menhub meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai sepeda seperti helm dan pelindung lainnya. Kemudian, patuhi rambu lalu lintas, protokol kesehatan, dan bersepeda dengan selamat.

Menhub menuturkan para pegiat sepeda bisa menjadi agen yang baik untuk melakukan sosialisasi keselamatan bersepeda kepada komunitasnya.

“Kita ingin Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang menghargai dan menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan transportasi yang bebas emisi seperti sepeda. Mari kita bersama menjadikan Indonesia yang ramah pesepeda,” kata Menhub Budi Karya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X