Indonesia Pertimbangkan Stop Impor Beberapa Produk Tiongkok

- Senin, 3 Februari 2020 | 22:48 WIB
Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto, usai Rapat Koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (3/2/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)
Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto, usai Rapat Koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (3/2/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Pemerintah RI mewacanakan untuk menghentikan impor beberapa jenis produk dari Tiongkok untuk menjaga agar virus korona tidak menyebar ke Indonesia melalui produk-produk yang berpotensi mendatangkan virus tersebut. 

"Mengenai pemberhentian impor baru akan kita lakukan, tapi spesifik apa yang terkait virus korona ini masih kita rapatkan satu kali lagi koordinasi dengan kementerian lain, mendetailkan supaya tidak salah sasaran," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Meski demikian, Agus menyebut belum bisa mengungkap produk-produk apa saja yang akan dihentikan impornya dari Tiongkok. 

Menurutnya, hal itu masih akan dikoordinasikan kembali dengan stakeholder lainnya. Termasuk juga ketersediaan barang substitusi dari produk yang akan diberhentikan impornya dari Tiongkok tersebut. 

"Produk-produk yang mungkin, belum tentu produk itu membawa virus, yang jelas sekarang itu berkaitan dengan hewan hidup, tapi yang lain masih kita pertimbangkan. Tapi belum final. Mungkin besok bisa diinfokan yang lebih konkrit," kata Agus. 

Menurut Agus, pemberhentian impor tersebut tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus betul-betul melalui pertimbangan yang matang. 

Sebab, hal ini terkait dengan kebijakan bisnis, dan mempengaruhi perekonomian. Maka itu, ia menyebut masih akan mendalami produk-produk mana saja yang akan dihentikan impornya. Sejalan dengan itu, substitusi untuk barang tersebut juga harus dipikirkan. 

"Kita tidak bisa juga menghambat dunia usaha. Kita harus menyampaikannya secara tepat supaya masyarakat tidak terlalu khawatir," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X