Menteri Yasonna Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie
Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny Sompie (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
News

Menteri Yasonna Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie

Diumumkan hari ini

Selasa, 28 Januari 2020 17:29 WIB 28 Januari 2020, 17:29 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly resmi mencopot Ronny Sompie dari jabatan Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham. Pencopotan ini resmi diumumkan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

"Supaya tim independen ini jangan ada conflict of interest saya sudah memfungsionalkan dirjen imigrasi. Jadi sekarang dirjen imigrasi sudah diganti Plh, termasuk Direktur Sisdik Keimigrasian-nya," ujar Menteri Yasonna.

Tim gabungan ini, kata Menteri Yasonna, terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara, Direktorat Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri, dan Ombudsman.

"Saya mau kita betul-betul terbuka dan melacak mengapa ini terjadi delay, mengapa data tersimpan di PC terminal 2F bandara. Kalau yang terminal 3 kan beres, makanya enggak ada masalah. Tapi terminal 2 ini ada delay," terang Menteri Yasonna.

Seperti diketahui dicopotnya Ronny Sompie diduga terkait rekam jejak perjalanan dalam kasus Harun Masiku. Sebelumnya Ronny Sompie mengatakan, dia tidak berbohong dan tidak merekayasa soal data masuknya Harun Masiku, tersangka suap mantan anggota KPU, Wahyu Setiawan, ke Indonesia.

Menurutnya dia memang terjadi sedikit kekurangan dalam pemberian informasi dari data perlintasan Masiku yang ternyata sudah kembali ke Indonesia pada 7 Januari 2020.

Menurut dia ada keterlambatan replikasi data yang ada di Imigrasi Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pihaknya belum mendapatkan data terbaru soal keberadaan Masiku.

Oleh karena itu, lanjut Sompie, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly yang juga ketua DPP Bidang Hukum, HAM dan Perundang-Undangan PDI Perjuangan pada 16 Januari masih menyampaikan informasi Masiku melintas ke Singapura pada 6 Januari 2020 dan belum menerima data kembalinya tersangka ke Indonesia.

"Kalau dianggap menutupi saya kira itu tendensius ya, lebih baik ya koreksi yang diberikan itu menjadikan kami lebih mawas diri untuk memperbaiki," kata Ronny Sompie kala itu.

Artikel Menarik Selanjutnya

TAG
Ade Indra
Ade Indra

Ade Indra

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU