78 Adegan Bakal Diperankan saat Rekontruksi Pembunuhan Brigadir J

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 11:11 WIB
Suasana jelang rekontruksi pembunihan Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam di Duren Tiga, Jakarta Selatan. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Suasana jelang rekontruksi pembunihan Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam di Duren Tiga, Jakarta Selatan. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Setidaknya, ada sebanyak 78 adegan yang akan diperagakan oleh para tersangka saat proses rekontruksi pembunuhan Brigadir J berlangsung. Puluhan adegan tersebut digelar di tiga tempat kejadian perkara (TKP).

"Rekontruksi pada hari ini akan meliputi 78 adegan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

Dedi menyebut 78 adegan ini terbagi menjadi tiga TKP. TKP pertama berada di Magelang, TKP kediaman di rumah pribadi Sambo dan TKP ketiga di rumah dinas Kadiv Propam.

"Di rumah Magelang sebanyak 16 adegan  meliputi peristiwa tanggal 4 tanggal, 7 tanggal 8 Juli. Di rumah Saguling sebanyak 38 adegan meliputi peristiwa tanggal 8 dan pasca pembunuhan Brigadir J. Kemudian di rumah Kompleks Duren Tiga sebanyak 27 adegan terkait peristiwa pembunuhan Brigadir J," beber Dedi.

Terkait rekontruksi di TKP Magelang, Dedi menyebut rekontruksi itu tidak dilakukan di TKP asli. Penyidik disebutnya sudah menyiapkan lokasi lain untuk mengganti lokasi asli di Magelang.

"Yang di Magelang menggunakan menggunakan lokasi yang lain. Kita sudah siapkan lokasinya," kata Dedi.

Diketahui, Polri menggelar rekontruksi kasus pembunuhan terhadap Brigadir J pada Selasa, 30 Agustus 2022 atau pada hari ini. Rekontruksi tersebut rencananya bakal digelar di kediaman dinas Kadiv Propam di Duren Tiga, Jakarta Selatan dan di rumah pribadi Ferdy Sambo yang jaraknya tidak jauh dari rumah dinas.

Rekontruksi ini bakal menghadirkan lima tersangka antara lain Bharada Richard Eliezer, Ferdy Sambo, Bripka Ricky Rizal, Kuat Maruf, dan Putri Chandrawati. Para tersangka kecuali Putri nantinya akan mengenakan baju tahanan.

Polri sendiri menggandeng pihak eksternal untuk menyaksikan secara langsung proses rekontruksi. Pihak yang digandeng yakni dari Kompolnas hingga Komnas HAM.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X