Kebersamaan Presiden Jokowi dan Ganjar di Solo Jadi Sinyal Keduanya Masih Satu Suara

- Minggu, 9 April 2023 | 08:37 WIB
Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo Salat bareng di Masjid Syeikh Zayed. (Dok. Ganjar Pranowo)
Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo Salat bareng di Masjid Syeikh Zayed. (Dok. Ganjar Pranowo)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) salat Jumat di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jumat (7/4/2023). Pertemuan keduanya dinilai menepis isu kerenggangan pasca gagalnya Indonesia jadi Piala Dunia U-20 2023.

Menurut Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai kebersamaan Jokowi dan Ganjar itu menepis isu kerenggangan antara Jokowi dan Ganjar.

"Meski tak ada drama satu mobil yang kerap ditunjukkan Jokowi dan Ganjar, tapi pertemuan mereka di Solo, shalat bersama, dan lainnya, jadi sinyal bahwa hubungan keduanya mulai membaik kembali," kata Adi kepada wartawan, Minggu (9/4/2023). 

Baca Juga: Moment Presiden Jokowi dan Ganjar Salat Jumat Bareng di Masjid Syeikh Zayed

Menurut Adi, kebersamaan Jokowi dan Ganjar itu menunjukkan keduanya masih tetap satu pandangan. Hal itu, lanjut Adi, akan diikuti oleh para pendukung Jokowi. 

"Jokowi dan Ganjar satu frekuensi, yang pastinya diikuti oleh semua pendukung Jokowi," tuturnya. 

Ganjar sendiri merupakan salah satu figur yang menurut beberapa lembaga survei mendapatkan elektabilitas tertinggi sebagai calon Presiden Indonesia periode 2024-2029. 

Beberapa kali pertemuan Jokowi dan Ganjar dinilai sebagai sinyal dukungan kuat dari Jokowi untuk Ganjar. 

Pertemuan Jokowi dan Ganjar di Solo

Sebelumnya, Ganjar Pranowo bertemu Presiden RI Joko Widodo. Selain Ganjar, Jokowi juga ditemani oleh putra sulungnya yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan putranya Jan Ethes, usai Salat Jumat di Masjid Sheikh Zayed Solo, Jumat (7/4/2024). 

Dalam kesempatan itu, Ganjar tak membeberkan secara spesifik isi pembicaraan dengan Jokowi. Meskipun dirinya sempat terlibat perbincangan dengan Jokowi usai salat Jumat.

"Tadi ngobrol sama beliau (Jokowi) terkait Salat Jumat di Masjid Zayed," kata Ganjar usai pertemuan itu. 

Baca Juga: Ganjar Ingatkan Pengelola Wisata Audit Keamanan Wahana Hiburan Jelang Lebaran

Ganjar menambahkan, kebersamaan Presiden Jokowi dengan sang Cucu, Jan Ethes Srinarendra, merupakan ajang kangen-kangenan setelah mengemban tugas kenegaraan selama ini.

"Beliau (Jokowi) kangen sama cucu. Jadi mau jalan-jalan. Malah, saya diminta untuk jalan duluan saja," kata Ganjar.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X