Kualitas Udara Jakarta Memburuk, Kadis LH DKI Minta Warga Pakai Masker

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:37 WIB
Deretan gedung bertingkat tersamar kabut polusi udara di Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Deretan gedung bertingkat tersamar kabut polusi udara di Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto meminta masyarakat untuk tetap menggunakan masker di tengah kondisi kualitas udara di ibu kota yang memburuk belakangan ini.

“Kalau memang butuh tolong gunakan masker, tidak hanya pandemi, kami harapkan dengan gunakan masker dapat memaparkan kita dari kondisi udara yg masih buruk saat ini,” ucapnya di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

Selain itu, guna mengurangi emisi karbon yang dapat memperburuk kualitas udara, warga diminta untuk menggunakan transportasi umum serta melakukan uji emisi pada kendaraan bermotor.

Baca Juga: PDIP Tutup Peluang Berkoalisi dengan PKS dan Demokrat, Ini Penyebabnya

“Lakukan uji emisi untuk kendaraan bermotor kita, baik roda 2 atau 4, kewajiban uji emisi paling tidak setahun 2 kali,” tambahnya.

“Gunakan bahan bakar ramah lingkungan, jadi tolong teman-teman kalau menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” tandas Asep.

Diketahui sebelumnya, pada data IQAir pada Senin (20/6/2022) pukul 06.00 WIB, kadar polusi udara Jakarta mencapai 205 US AQI yang masuk ke level sangat tidak sehat (very unhealthy).

Sementara itu, data Selasa pagi (21/6/2022), pukul 06.33 WIB, Jakarta masih berada di urutan tinggi dengan udara paling berpolusi dengan 154 US AQI, di bawah Beijing (176 US AQI) dan Kuwait (154 US AQI).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X