Kasus Cacar Monyet Pertama Ditemukan, DPR Dorong Pemerintah Siapkan Vaksin

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 15:11 WIB
Vaksin cacar monyet (REUTERS/Dado Ruvic)
Vaksin cacar monyet (REUTERS/Dado Ruvic)

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menilai temuan wabah cacar monyet atau monkeypox yang pertama di Indonesia, bukanlah hal yang mengejutkan. Sebab, wabah ini sudah merambah hampir ke 100 negara. 

“Jauh-jauh hari kita sudah mengingatkan, awas cacar monyet sudah berada di teras Indonesia. Nah, terbukti kan sekarang wabah yang yang sudah dinyatakan World Health Organization (WHO) berstatus darurat kesehatan global ini sudah masuk ke Indonesia,” kata Rahmad kepada Indozone, Minggu (21/8/2022).

Dikatakan Rahmad, sebagai upaya antisipasi, pemerintah didorong untuk menyiapkan vaksin cacar monyet. Saat ini beberapa negara yang sudah menyiapkan vaksin, terutama yang sudah terkonfirmasi penularan, di antaranya adalah Amerika dan Spanyol. Kedua negara yang saat ini tengah direpotkan oleh penyakit baru itu, bahkan sudah membeli vaksin cacar monyet.

“Saya kira, nantinya wilayah yang beresiko tinggi dan wilayah-wilayah yang positif tinggi perlu vaksinasi agar cacar monyet ini  tidak semakin luas. Artinya, kita harus siapkan kuda-kuda dengan melakukan vaksinasi, karena vaksin 85 persen ke atas bisa memberikan perlindungan dari penyakit ini,” harap Rahmad.

Terkait dengan upaya pencegahan meluasnya wabah cacar monyet, Rahmad mengusulkan agar para tenaga kesehatan diberi pelatihan bagaimana proses penanganan, serta pengendalian cacar monyet. 

“Para nakes kita harus paham betul  apa itu cacar monyet, sehingga pada saatnya dia bisa mendiagnosis dengan tepat. Karena itu, mungkin perlu dipertimbangkan  bagaimana kalau para nakes diberi pelatihan khusus soal cacar monyet,” tuturnya.

Lebih jauh, politisi PDIP ini ingin pemerintah juga bisa mensosialisasikan bagaimana pola hidup sehat agar  terhindar dari cacar monyet kepada masyarakat. Termasuk, kata dia, proses penyebaran cacar monyet juga perlu disampaikan kepada masyarakat.

“Masyarakat harus diedukasi pola hidup sehat untuk menghindari penyakit-penyakit seperti Covid 19 dan cacar monyet,“ harapnya.

Temuan kasus pertama cacar monyet diketahui melalui tes PCR pada Jumat (19/8/2022). Saat itu, seorang pasien lelaki berusia 27 tahun di Jakarta dipastikan positif mengindap cacar monyet.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X