Pemprov DKI Anggarkan Rp100 Miliar Untuk MRT Jakarta Akuisisi Kereta Commuter Indonesia

- Rabu, 30 November 2022 | 18:50 WIB
Ilustrasi KRL. (Instagram/@keretaapikita)
Ilustrasi KRL. (Instagram/@keretaapikita)

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail menegaskan, nilai Penyetaraan Modal Daerah (PMD) tahun 2023 untuk PT Mass Rapid Transit Jakarta (MRT) akuisisi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah dianggarkan Rp100 miliar.

"Akusisi KCI paralel karena kemarin dianggarkan dari awal Rp 500 miliar, yang baru Rp 100 miliar karena masih menunggu,” ujar Ismail, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, saat ini Pemprov DKI masih menunggu terkait model penggabungannya seperti apa. Sehingga dianggarkan dulu pendanaannya untuk PMD.

Baca Juga: Tok! DPRD dan Pemprov DKI Jakarta Sepakati APBD Tahun 2023 Sebesar Rp 83,78 Triliun

"Modelnya seperti apa karena belom disepakati apakah ini merger atau akusisi atau gimana. Sehingga kemarin disepakati dianggarkan dulu 100m tujuannya biar ada 'rumahnya' dulu," tambahnya.

Oleh karena itu menurut Ismail, nantinya baru akan disepakati nilai angka yang dibutuhkan.

"Bahwa kemudian nanti telah disepakati bntknya apa dan di situ ada angka yang sudah definitif yang dibutuhkan, maka ini akan dimasukan mngkn di perubahan atau murni 2024," terang Ismail

Baca Juga: Kadishud DKI Jakarta Menegaskan Pembangunan LRT Masih Dikaji

Diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta tidak mengajukan penyetaraan PMD 2023 untuk mengakuisisi KCI oleh MRT. Oleh karena itu, Plt Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta, Fitria Rahadiani menegaskan, belum bisa menentukan jumlah nominal modal untuk mengakuisisi MRT.

"(Akan) disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," ujar Fitri, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/11/2022).

Fitria menyatakan, hal tersebut karena Pemprov DKI Jakarta tidak mengakukan PMD tahun 2023 untuk mengakusisi KCI. Sehingga, menurut Fitria akuisisi KCI akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan Daerah.

"Disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," pungkas Fitri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X