Mudik Lebaran 2022, Kakorlantas: Orang Masih Bingung Sistem Ganjil Genap di Tol

- Selasa, 26 April 2022 | 12:38 WIB
Kepala Koprs Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kepala Koprs Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyebut masyarakat masih bingung dengan kebijakan ganjil genap (gage) di ruas jalan tol saat mudik Lebaran 2022.

"Jadi gage kemarin ada dua hal penting yang dicatat. Yang pertama masyarakat masih banyak yang belum tahu," kata Irjen Firman kepada wartawan di GBK, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Hal itu dapat dilihat di lapangan saat hari pertama uji coba ganjil genap. Firman mengungkapkan banyak pengendara yang memperlambat kendaraannya saat memilih jalan di tol.

"Kedua, kemarin memang sempat ada perlambatan di tempat-tempat yang akan dilakukan kegiatan manuver karena sifatnya gage, orang bingung gage," bebernya.

Baca juga: Aksi Wanita Cantik Ini Masak dan Makan Tikus Panggang Bikin Netizen Mual

Irjen Firman berharap masyarakat mematuhi kebijakan ganjil genal di tol. Diharapkan masyarakat bisa paham saat memilih ruas jalan sesuai pelat kendaraannya.

"Kalau masyarakat nanti sudah tahu tanggal 28 itu hari genap, polisi tidak perlu lagi memilah-milah lagi, tinggal memperlancar saja ke arah timur menggunakan jalur yang ditentukan," kata Firman.

"Yang mau ke arah Bandung silakan menggunakan jalur kiri, yang mau ke Cirebon silakan nanti di Km 47 mengambil sebelah kanan sampai Km 414 di Kalikangkung," sambungnya.

Area Jakarta

Polda Metro Jaya juga menerapkan ganjil genap di Tol Dalam Kota menuju keluar Jakarta seperti di ruas Tol MBZ. Kendaraan yang sesuai diperkenankan melewati Tol Layang MBZ.

Tak hanya Tol MBZ, Polda Metro juga menerapkan gage di Tol Cikunir. Selama masa uji coba.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo menyebut masyarakat masih banyak yang bingung dengan kebijakan ini.

"Tanggal 26, 27, 28 uji coba, tanggal 29 kita mainkan. Jadi, masih banyak masyarakat yang belum tahu sehingga memang perlu ada penjelasan, sosialisasi," pungkas Sambodo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X