Pakai Bambu untuk Bangun Lintasan Formula E, Wagub DKI: Agar Memperkuat Sirkuit

- Jumat, 11 Maret 2022 | 15:37 WIB
Pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa penggunaan material bambu untuk lapisan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara adalah sebagai salah satu upaya memperkuat lintasan. 

Riza pun menjelaskan, penggunaan lapisan bambu sudah kerap dipakai dalam pembuatan fasilitas lainnya. Ia kemudian memberi contoh bangunan di bantaran sungai yang kerap memakai material tersebut. 

"Seperti di daerah pinggiran sungai, pokoknya dimana disitu termasuk cukup berair ya, untuk penguatan dan itu biasa di dalam teknik sipil ya," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (11/3/2022). 

"Bahkan bisa di googling itu hal yang sederhana itu bukan sesuatu yang luar biasa," tambah politisi Partai Gerindra tersebut. 

BACA JUGA: Biaya Bangun Sirkuit Formula E Jakarta Membengkak Jadi Rp60 Miliar, Ini Loh Penyebabnya

Lebih lanjut, Riza pun mengungkapkan, penggunaan bambu tersebut nantinya hanya dilakukan di sejumlah yang memiliki tekstur tanah lebih lunak. Sehingga, tidak semua lintasan dipasangi bambu

"(Bambu) itu kan yang memperkuat justru, bukan di bambu kemudian tidak ada batunya, bukan, itu kan lapisan tertentu ya, di bagian tertentu ya," pungkasnya. 

Diketahui sebelumnya, penanggung jawab pembangunan sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo mengatakan, material bambu digunakan untuk melapisi bawah lintasan karena tahan terhadap air.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X