Naik KRL Tak Lagi Berjarak tapi Harus Taat Prokes, Bikin Penumpang Bingung!

- Jumat, 11 Maret 2022 | 15:04 WIB
Penumpang KRL sudah tidak berjarak lagi (Vivi Sanusi/IDZ Creators)
Penumpang KRL sudah tidak berjarak lagi (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Kabar gembira buat pengguna Kereta Api Listrik (KRL) Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo, karena mulai Rabu (9/3/2022) penumpang sudah bisa duduk tanpa jarak di kereta komuter. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 25 Tahun 2022.

-
Suasana di dalam KRL Jabodetabek (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Aturan itu menyebutkan bahwa kereta komuter di wilayah aglomerasi termasuk KRL Jabodetabek dan KRL Jogja–Solo diperkenankan melayani pengguna hingga 60 persen dari kapasitas. Sebelumnya pemberlakuan duduk berjarak hanya melayani 45 persen dari kapasitas penumpang KRL.

Sejak aturan diberlakukan, penumpang KRL di Stasiun Depok Baru semakin ramai. Hal ini diungkapkan oleh Hadromi salah satu petugas KAI di Stasiun Depok Baru.

-
Suasana di Stasiun Depok (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Sementara salah seorang penumpang bernama Ita mengaku senang naik KRL meski kapasitas penumpang jadi lebih banyak. Ia pun terpaksa kembali harus berdesakkan tanpa jaga jarak.

“Saya selalu menggunakan kereta setiap hari. Lebih praktis dan cepat enggak kena macet, tapi sekarang sedikit parno sih karena penumpang sudah 60 persen dan kembali berdesakkan, duduk berhimpitan lagi.” Ujar Ita kepada Tim IDZ Creators, Kamis (10/3/2022). 

Meski tanda jaga jarak di kursi KRL sudah dilepas, penumpang tetap harus menjaga protokol kesehatan ketat. Seperti wajib pakai masker, dilarang mengobrol atau berbicara di dalam kereta, termasuk mengangkat panggilan telepon.

-
Suasana di peron stasiun (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Selain tidak ada lagi jarak di tempat duduk, balita kembali diperbolehkan naik KRL dengan mengikuti prokes ketat dan didampingi orang tua. Bagi lansia yang ingin naik KRL juga kembali diizinkan naik mulai pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB atau bukan di jam sibuk.

Perjalanan KRL setiap harinya dari pkl. 04.00-22.00 WIB tetap berjalan seperti biasa dengan pembatasan penumpang, serta mematuhi protokol kesehatan dengan scan aplikasi Peduli Lindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin, mencuci tangan dan menjaga jarak aman di KRL.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X