Antisipasi Premanisme di Tempat Wisata, Polres Garut Siapkan Tim Khusus

- Selasa, 28 Desember 2021 | 20:54 WIB
Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono. (ANTARA/Feri Purnama)
Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono. (ANTARA/Feri Purnama)

Kepolisian Resor Garut menyiapkan personel khusus yaitu Tim Sancang untuk bergerak mengantisipasi dan memberikan tindakan tegas terhadap perbuatan pidana seperti premanisme yang mengganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat di tempat wisata saat libur tahun baru.

"Jadi Tim Sancang kami, termasuk juga patroli akan kita gelar," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono kepada wartawan di Garut, Selasa (28/12), seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa Polres Garut sudah melakukan persiapan dengan menerjunkan personel di jalan raya, pusat kota maupun tempat wisata untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat libur tahun baru.

Terutama potensi premanisme di wilayah selatan Garut, kata dia, menjadi perhatian kepolisian untuk mengantisipasinya sehingga masyarakat merasa aman.

"Premanisme sudah menjadi bagian dari kerawanan, termasuk juga di daerah selatan," katanya.

Selain itu, ia menyebut bahwa jajarannya akan melakukan tindakan tegas bagi siapa saja yang mengganggu kenyamanan dan ketertiban umum, terlebih ada unsur pidananya.

"Akan tindak kalau misalkan ditemukan adanya fakta-fakta terjadinya tindak pidana," katanya.

Ia menyampaikan pengamanan tahun baru di Garut sudah disiapkan pos pengamanan yang diinstruksikan untuk memantau dan memeriksa kendaraan dari luar kota menuju ke kawasan Garut maupun objek wisata.

Selain itu, juga telah disiapkan sembilan Pos Prokes di tempat wisata yang disinyalir akan terjadi lonjakan pengunjung saat libur tahun baru.

"Kita sudah ada sembilan Pos Prokes di sejumlah wisata yang kita proyeksi akan meningkat," katanya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X