Fadli Zon Minta Mural 'Jokowi 404: Not Found' Tak Ditanggapi Berlebihan

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 12:22 WIB
Mural Jokowi 404 Not Found. (photo/dok. Istimewa)
Mural Jokowi 404 Not Found. (photo/dok. Istimewa)

Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon meminta agar semua pihak menanggapi santai soal mural 'Jokowi 404: Not Found' di Tangerang yang viral beberapa waktu lalu di media sosial. Fadli juga meminta agar pembuat mural tak perlu dicari polisi karena itu bentuk kebebasan berekspresi.

"Tak usah berlebihan tanggapi mural, lukisan, poster, meme dan ekspresi seni lainnya. Itu bagian dari ekspresi budaya," kata Fadli Zon lewat akun Twitter-nya, @fadlizon.

Fadli menjelaskan bahwa presiden bukanlah lambang negara Indonesia. Ia juga menyinggung demokrasi di Indonesia.

"Justru respons berlebihan mereduksi hak rakyat untuk menyatakan sikap/pendapat atau kemerdekaan berekspresi. Lagi pula Presiden bukan lambang negara. Katanya demokrasi?" terangnya.

Mantan Wakil Ketua DPR ini juga meminta polisi untuk tidak mencari kreator atau pembuat mural. Menurutnya, tidak ada pihak yang dirugikan atas mural tersebut.

"Menurut saya, tak perlu mencari pembuatnya. Ini kan ekspresi budaya dan masih dalam koridor demokrasi. lagi pula siapa yang dirugikan? Yang dirugikan itu yang harus lapor," ujarnya.

Fadli Zon kembali mengingatkan pemerintah tidak mereduksi hak rakyat berdemokrasi.

"Jangan mereduksi hak rakyat. Demokrasi kita sudah di ranking 102 dari seratusan negara, jadi tidak usah baper," tuturnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X