Varian Omicron Sudah Masuk, Masyarakat Diimbau Tak Euforia Rayakan Natal dan Tahun Baru

- Selasa, 21 Desember 2021 | 18:32 WIB
Pengunjung berswafoto saat berwisata di Jungleland, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Pengunjung berswafoto saat berwisata di Jungleland, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengimbau kepada masyarakat untuk tidak euforia dalam menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru.

Dia meminta penerapan protokol kesehatan tetap diterapkan di tempat wisata atau area publik, apalagi Covid-19 varian Omicron sudah ditemukan.

“Mengimbau masyarakat untuk tidak euforia dalam menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru ini, dan tetap meningkatkan kewaspadaan ketika berada diluar rumah, disamping tetap disiplin menerapkan prokes khususnya di tempat-tempat wisata atau area publik,” kata Bamsoet kepada wartawan, Selasa (21/12/2021).

Bamsoet mengingatkan apabila pandemi belum berakhir, sehingga kewaspadaan dan prokes masih menjadi hal penting untuk menghindari diri dari penularan Covid-19.

Disisi lain, Politisi Partai Golkar ini meminta Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polri untuk bersiaga mengantisipasi kemacetan karena tingginya mobilitas kendaraan yang digunakan oleh masyarakat di tempat-tempat wisata maupun tempat umum lainnya pada periode Nataru.

“Dengan menyiapkan formula rekayasa lalu lintas seperti rekayasa one way, contra flow, hingga mengefektifkan sejumlah jalur alternatif guna mencegah konsentrasi kepadatan arus lalu lintas di jalan utama,” tutur dia.

Kemudian menurut Bamsoet pemerintah daerah dan Dinas Pariwisata (Disparta) untuk mematangkan persiapan dalam mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung terutama wisatawan.

Salah satunya mewajibkan setiap pengelola daya tarik wisata (DTW) menyiapkan aplikasi PeduliLindungi hingga berbagai persyaratan operasional dan penyelenggaraan kegiatan wisata, guna meminimalkan risiko penularan Covid-19 pada libur Nataru nanti.

“Meminta semua pengelola DTW bersama Satgas Covid-19 meningkatkan kewaspadaan disamping melakukan pengawasan serta memonitor pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan tempat wisata,” tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X