Viral! Beredar Video Aliran Sesat, Puasa Boleh Merokok dan Berhubungan Intim di Siang Hari

- Rabu, 13 April 2022 | 16:24 WIB
Video aliran sesat, puasa boleh merokok dan berhubungan intim. (Dwi Rendra Sandy Farandika/IDZ Creators)
Video aliran sesat, puasa boleh merokok dan berhubungan intim. (Dwi Rendra Sandy Farandika/IDZ Creators)

Video ajaran sesat berdurasi 4 menit 50 detik viral di media sosial beberapa hari terakhir. Video menunjukkan ceramah seorang kiai bernama Syarif di sebuah tempat ibadah dengan isi ceramah yang enggak lazim diduga terjadi di Situbondo, Jawa Timur. 

-
Video aliran sesat, puasa boleh merokok dan berhubungan intim. (Dwi Rendra Sandy Farandika/IDZ Creators)

Dalam ceramahnya, kiai Syarif mengatakan bahwa umat Islam diperbolehkan merokok di siang hari saat bulan Ramadhan karena rokok itu tidak mengenyangkan. Enggak hanya itu, pasangan suami istri juga diperbolehkan berhubungan badan saat siang hari saat sedang berpuasa. 

"Sekali lagi, saudara-saudara itu diperbolehkan merokok di siang hari saat puasa, karenan rokok itu tidak mengenyangkan. Dan sekali lagi, bagi suami istri diperbolehkan berhubungan di siang hari, asalkan jangan berhubungan dengan istri orang," kata kiai Syarif dalam video yang beredar. 

Enggak hanya itu, ia juga menjamin seluruh jamaahnya masuk surga asal mereka mau mengikuti ajarannya. Geram dengan itu, GP Ansor setempat laporkan pemilik akun Facebook (FB). 

Yogie Kripsian Sah, Ketua GP Ansor Situbondo menjelaskan, laporan itu karena banyak kegaduhan di masyarakat. Sebab, isinya enggak sesuai ajaran islam. 

"Video itu viral dan telah menjadi perbincangan publik. Saya harap ada tindak tegas dari kepolisian," bebernya, Rabu (13/4/2022). 

-
Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya telurusi video aliran sesat. (Dwi Rendra Sandy Farandika/IDZ Creators)

Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya, membenarkan bahwa Ketua Umum GP Ansor Situbondo telah melaporkan ke kantor polisi secara resmi. 

“GP Ansor melaporkan video tersebut dikarenakan isinya memuat ujaran kebencian dan mengarah terhadap SARA. Hal itu tentu dapat menimbulkan chaos di masyarakat. Apalagi di narasi konten disebutkan bahwa di Kabupaten Situbondo ada yang namanya Kiai Syarif yang mengajarkan ajaran sesat,“ kata Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya. 

Kapolres Andu Sinjaya, mengaku akan menangani kasus video yang meresahkan tersebut. Selain itu juga akan berkoordinasi dengan Subdit Cyber Crime Polda Jawa Timur. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X