Hendi Ikut Sukseskan Pemecahan Rekor Muri SICITA dari Kota Semarang

- Jumat, 20 Mei 2022 | 22:09 WIB
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengikuti kegiatan SICITA. (Dok. Pemkot Semarang)
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengikuti kegiatan SICITA. (Dok. Pemkot Semarang)

Wali Kota Semarang yang juga ketua PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi turut mendukung pemecahan rekor muri peserta senam terbanyak yang digagas oleh partainya di tingkat pusat, Jumat (20/5/2022).

Dari halaman kantor PDI Perjuangan Kota Semarang di jalan Untung Suropati, pria yang akrab disapa Hendi itu mengikuti kegiatan SICITA (Senam Indonesia Cinta Tanah Air). Dirinya pun tampak antusias mengikuti setiap gerakan senam di tengah ratusan kader PDI Perjuangan lainnya di Kota Semarang.

Hendi mengungkapkan senang bisa ikut menyukseskan agenda SICITA. Pasalnya, menurut dia kegiatan tersebut sejalan dengan semangat Presiden RI, Joko Widodo yang juga menggagas GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

"Melalui SICITA, Bu Mega berharap warga yang di Indonesia, khususnya yang ada di Kota Semarang ini bisa tambah sehat. Jadi ini sejalan program Pak Presiden yaitu GERMAS, karena kita ingin kesehatan menjadi hal utama di Republik ini," tutur Hendi.  

Dia pun menegaskan, dengan kesehatan masyarakat yang terjaga, maka berbagai hal positif dapat diupayakan, baik di Kota Semarang, maupun Indonesia. Untuk itu Hendi menekankan pentingnya kegiatan SICITA yang dia ikuti.

"Orang sehat bisa melakukan apa saja, mau sekolah bisa, kerja bisa. kegiatan PKK bisa. Kalau dia nggak sehat, dia nggak bisa apa-apa. Maka senam ini adalah bagian untuk membentuk diri kita menjadi sehat," pungkas Hendi.

Adapun senam Sicita sendiri digelar oleh PDI Perjuangan dalam menyambut hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022, dan dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia.

Senam yang melibatkan ratusan ribu kader dan simpatisan serta warga masyarakat ini pun tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai senam terbanyak yang dilaksanakan secara serentak dengan metode hybrid di Tanah Air.

Untuk puncak kegiatan peringatan hari Kebangkitan Nasional dan Pemecahan Rekor MURI sendiri diadakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

BACA JUGA: Hendi Paparkan Strategi Keberhasilan Angkat Ekonomi Kota Semarang

Sejumlah fungsionaris PDI Perjuangan juga turut hadir, diantaranya Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP  Wirjanti Sukamdani, Wakil Sekjen Sadarestuwati  dan Wakil Bendahara Umum Rudianto Tjen.

Pemecahan rekor MURI ditandai dengan kegiatan senam Sicita secara serentak di seluruh kabupaten, kota dan provinsi pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WIB dan 09.00 WIB dan disiarkan melalui aplikasi Zoom dan YouTube serta aplikasi media sosial lainnya.

Sicita adalah sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh Panitia HUT ke-49 PDI Perjuangan berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta awal Januari 2022 dan telah dicanangkan sebagai senam wajib oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Senam yang musiknya terdiri dari lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan ini juga telah divalidasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kemenpora RI sebagai sebuah senam dan telah mendapatkan hak cipta dari Kemenkumham RI.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X