Peristiwa 22 Juni: Ulang Tahun Jakarta hingga Gol Tangan Tuhan Maradona

- Selasa, 22 Juni 2021 | 15:09 WIB
Potret Kota Jakarta (Wikipedia).
Potret Kota Jakarta (Wikipedia).

Beberapa peristiwa bersejarah dan menarik terjadi pada 22 Juni yang tepat jatuh pada hari ini. Momen-momen menarik apa saja itu?

Peristiwa-peristiwa penting hari ini dimulai dari ulang tahun ibu kota Indonesia yakni Jakarta yang ke-494 dan hingga terciptanya gol tangan Tuhan milik mendiang Diego Armando Maradona.

Berikut Indozone merangkum empat peristiwa penting yang terjadi pada 22 Juni. 

Baca Juga: Peristiwa 21 Juni: Soekarno Meninggal Dunia hingga Kelahiran Joko Widodo

1. Hari Jadi Kota Jakarta ke-494

-
Potret Kota Jakarta (Wikipedia)

Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau DKI Jakarta adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi.

Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Town.

Penetapan hari jadi Jakarta adalah istilah yang merujuk kepada penetapan yang dikeluarkan oleh Sudiro, Wali kota Jakarta periode 1953-1958.

Pada masa kolonial, Belanda memperingati hari jadi Kota Batavia tiap akhir Mei dengan dasar bahwa pada akhir Mei 1619, Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen menaklukkan Jayakarta. 

Sudiro, menyadari perlunya peringatan ulang tahun untuk kota ini yang berbeda dengan peringatan berdirinya Batavia. Maka, ia pun memanggil sejumlah ahli sejarah, seperti Mr. Mohamad Yamin dan Mr. Dr. Sukanto serta wartawan senior Sudarjo Tjokrosiswoyo untuk meneliti kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah.

Kala itu, Sudiro berkeyakinan bahwa tahunnya adalah pasti, yaitu 1527. yang menjadi pertanyaan adalah hari, tanggal, dan bulan lahirnya Kota Jakarta.

Mr. Dr. Sukanto menyerahkan naskah berjudul Dari Jayakarta ke Jakarta. Dia menduga bahwa 22 Juni 1527 adalah hari yang paling dekat pada kenyataan dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah.

2. Maradona Cetak Gol Tangan Tuhan

-
Maradona saat mencetak gol tangan Tuhan (Press Association).

Gol tangan Tuhan terjadi tanggal 22 Juni 1986 di Estadio Azteca, Mexico City. Ketika gocekan Diego Maradona melewati 5 pemain Inggris lalu diumpan sampai bola melambung ke atas. Maradona pun menyambut dengan tangannya. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X