Soal Kapolri Singgung Ikan Busuk Mulai dari Kepala, NasDem: Bukan Lip Service!

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:41 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)

Ketua Fraksi NasDem di DPR RI Ahmad Ali merespon baik pernyataan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo yang mengutip peribahasa 'Ikan busuk dari Kepala' dan meminta agar seluruh pimpinan di Polri menjadi teladan bagi anak buah. Hal ini menyusul maraknya berbagai peristiwa negatif melibatkan institusi kepolisian.

Menurut Ali, tindakan Kapolri tersebut merupakan komitmen Kapolri Jendral Listyo yang ingin korps Bhayangkara bisa lebih baik, agar tidak ada lagi oknum Polri yang mencoreng nama institusi.

“Saya sangat mengapresiasi pernyataan Kapolri tersebut, bagaimana dia ingin menata institusi kepolisian ini lebih baik, ada kejujudan di sana bahwa masih ada anggota-anggota yang berbuat tidak terpuji yang kemudian mencoreng nama institusi. Menurut saya sikap seperti ini patut kita dukung,” kata Ali kepada wartawan, Jumat (29/10/2021).

Anggota Komisi III DPR RI ini berujar, pernyataan Kapolri tersebut merupakan tekad kuat agar institusi Polri tak eksklusif, tetapi dekat dengan rakyat. Karena prinsipnya, semakin dengan dengan rakyat maka Polri semakin dipercaya rakyat.

Baca Juga: 61 Motor Berknalpot Bising Disita Polres Trenggalek

“Kita harap dengan sikap beliau seperti itu pejabat utama di Institusi Kepolisian bertindak sama seperti itu sehingga ke depan institusi kepolisian ini semakin dekat dengan rakyat, semakin dipercaya rakyat,” tutur Ali.

“Sehingga dengan demikian, maka akan lagi lebih dipermudahkan bagi institusi kepolisian untuk menjaga kamtibmas di Indonesia,” imbuh Ali.

Lebih lanjut, Ali menegaskan sikap Kapolri sangat responsif di tengah banyaknya sorotan kepada institusi Polri. Kemudian dia berkata Kapolri tak sekedar berkata-kata atau lip service dalam memperbaiki institusi Polri ke depan.

“Ini beliau responsif, jadi ada konsistensi, ini bukan lip service, tetapi beliau selalu dari waktu ke waktu untuk memperbaiki, jadi ini sangat kita apresiasi,” pungkas Waketum DPP NasDem ini.

Diwartakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta segenap pimpinan kepolisian memberikan teladan untuk anak buahnya. Hal ini menyusul maraknya berbagai peristiwa negatif melibatkan oknum Polri.

Kapolri Sigit mengutip peribahasa, 'Ikan Busuk Mulai dari Kepala'. Artinya segala permasalahan internal di kepolisian terjadi karena pimpinannya bermasalah atau tidak mampu menjadi teladan bagi jajarannya.

Kapolri pun menegaskan dia tidak akan segan mengganti pimpinan Polri yang tidak bisa menjadi teladan untuk bawahannya.

"Ada pepatah, ikan busuk mulai dari kepala, kalau pimpinannya bermasalah maka bawahannya akan bermasalah juga. Pimpinan harus jadi teladan, sehingga bawahannya akan meneladani," kata Kapolri, Rabu (27/10/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X