The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jumlah Korban Tewas dalam Protes Anti Kudeta di Sudan Meningkat
Protes anti kudeta di Sudan. (Ebaid Ahmed via REUTERS)
News

Jumlah Korban Tewas dalam Protes Anti Kudeta di Sudan Meningkat

Warga turun ke jalan.

Jumat, 29 Oktober 2021 09:02 WIB 29 Oktober 2021, 09:02 WIB

INDOZONE.ID - Bentrokan pasukan keamanan dengan pengunjuk rasa yang marah atas kudeta militer memicu kecaman internasional, Amerika Serikat dan PBB terus menekan pemerintahan militer Sudan.

Dilansir Al Jazeera, pada hari Kamis (28/10/2021) satu pengunjuk rasa tewas, menurut petugas medis, pada hari keempat konfrontasi antara tentara dan pengunjuk rasa anti-kudeta di Khartoum.

Dewan dalam sebuah pernyataan yang disahkan dengan suara bulat menyatakan keprihatinan serius tentang perebutan kekuasaan tentara di negara Afrika Timur Laut yang dilanda kemiskinan dan mendesak semua pihak untuk terlibat dalam dialog.

Baca juga: Sempat Ditahan, Perdana Menteri Sudan dan Istrinya Diizinkan Pulang Militer

Setelah pernyataan Dewan Keamanan PBB, Presiden AS Joe Biden mengatakan negaranya mendukung para demonstran.

"Bersama-sama, pesan kami kepada otoritas militer Sudan luar biasa dan jelas: rakyat Sudan harus diizinkan untuk memprotes secara damai dan pemerintah transisi yang dipimpin sipil harus dipulihkan," katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip Al Jazeera.

"Peristiwa beberapa hari terakhir adalah kemunduran besar, tetapi Amerika Serikat akan terus berdiri bersama rakyat Sudan dan perjuangan tanpa kekerasan mereka," kata Biden.

Sementara itu, pemimpin sipil, Perdana Menteri Abdalla Hamdok, berada di bawah tahanan rumah, ibukota Sudan telah diguncang kerusuhan beberapa hari ini dan bersiap untuk demonstrasi besar pada hari Sabtu (29/10/2021).

Kematian terbaru membuat jumlah pengunjuk rasa yang tewas sejak kudeta Senin menjadi delapan orang, naik dari jumlah tujuh yang dilaporkan oleh pejabat kesehatan pada hari sebelumnya. Sementara itu, sekitar 170 orang terluka.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Fitri
M Fadli

M Fadli

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US