The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Eropa: Kalau Tak Mau Ada Masalah, Iran Harus Serius di JCPOA
Pembicaraan kesepakatan nuklir Iran. (Reuters/EU Delegation in Vienna)
News

Eropa: Kalau Tak Mau Ada Masalah, Iran Harus Serius di JCPOA

Keseriusan jadi kunci.

Rabu, 01 Desember 2021 14:54 WIB 01 Desember 2021, 14:54 WIB

INDOZONE.ID - Iran harus menunjukkan keseriusan dengan negara-negara besar jika ingin menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015, yang dimulai kembali di Wina, Austria, Senin (29/11/2021) waktu setempat.

Dilansir Reuters, Eropa mengatakan pada Selasa (30/11/2021), bahwa Iran akan mendapat masalah jika tak serius dalam kesepakatan nuklir bertajuk Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). 

Pembahasan JCPOA kembali dilakukan pada hari Senin untuk menghidupkan kembali pakta yang ditinggalkan mantan presiden AS Donald Trump pada tahun 2018, dan menerapkan kembali sanksi ekonomi AS yang keras.

Baca juga: Demi Kemajuan JCPOA, AS Diminta Serius Revisi Kebijakan Sanksi Anti-Iran

Diplomat senior Inggris, Prancis dan Jerman, sebuah kelompok yang dikenal sebagai E3, mengatakan kepada wartawan bahwa minggu ini akan menjadi kunci untuk menuntukan apakah Iran serius untuk menghidupkan kembali pakta tersebut.

"Kami masih menunggu konfirmasi yang kuat bahwa pihak Iran bersedia untuk mulai bekerja setelah kami tinggalkan pada bulan Juni" kata seorang diplomat senior Eropa, dikutip Reuters.

Diplomat Eropa itu juga menambahkan jika Iran tak serius dalam minggu ini, tentu akan ada masalah besar yang bakal terjadi. 

Diplomat itu menekankan bahwa beberapa masalah yang paling sulit ialah di antara 20-30% yang masih belum terselesaikan, termasuk apa yang harus dilakukan tentang sentrifugal canggih yang digunakan Iran untuk memperkaya uranium yang bertentangan dengan perjanjian awal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Fitri
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US