Buruh di Sulteng Diimbau Tidak Turun ke Jalan Peringati Hari Buruh

- Sabtu, 1 Mei 2021 | 09:28 WIB
Akitivis buruh menggelar unjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (1/5/2018). (ANTARAFOTO/Basri Marzuki/aww/18.)
Akitivis buruh menggelar unjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (1/5/2018). (ANTARAFOTO/Basri Marzuki/aww/18.)

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengimbau para buruh tidak melakukan aksi turun ke jalan memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang diperingati setiap 1 Mei.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng Mulyono menyatakan imbauan itu untuk mencegah terjadinya pelanggaran protokol kesehatan (prokes) saat para buruh menggelar aksi yang dapat meningkatkan potensi penularan dan penyebaran Covid-19.

"Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Sulteng dan agar dilakukan dialog stakeholder terkait jika terdapat masalah tentang ketenagakerjaan," katanya di hadapan perwakilan buruh dan perusahaan di Sulteng dalam acara peringatan May Day yang diadakan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulteng di Kota Palu, Jumat petang, seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Besok, Polda Metro Jaya Kerahkan 6.394 Personel Amankan Demo Buruh di Jakarta

Oleh karena itu, ia mengajak para buruh melalui perwakilan serikat buruh di Sulteng agar saling bahu membahu agar potensi yang dimiliki dalam rangka meningkatkan kesejahteraan buruh dapat terwujud.

"Dengan cara mensinergikan seluruh kekuatan yang ada sehingga produktivitas sumber daya tersebut mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Hal ini merupakan tanggungjawab kita bersama," tambahnya,

Selain itu, Mulyono mengatakan dunia usaha dan masyarakat pekerja memiliki kontribusi yang besar dalam memutus mata rantai penularan dan penyebaran Covid-19.

Jumlah pekerja, mobilitas dan interaksi dalam aktivitas pekerja cukup besar. Apabila bisa dilakukan mitigasi dan menyiapkan tempat kerja yang aman.

"Maka kita dapat memutus rantai penularan dan penyebaran Covid-19. Alhamdulilah banyak perusahaan di Sulteng telah menerapkan upaya pencegahan Covid-19 di tempat kerja," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X