The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Direktur TV Swasta Sebar Hoax Lewat Akun Youtube 'Aktual TV'
Konferensi pers kasus penangkapan Direktur TV Swasta di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
News

Direktur TV Swasta Sebar Hoax Lewat Akun Youtube 'Aktual TV'

Jumat, 15 Oktober 2021 15:58 WIB 15 Oktober 2021, 15:58 WIB

INDOZONE.ID - Polda Metro Jaya membeberkan peran Direktur TV Swasta di Jawa Timur berinisial AZ dalam kasus berita hoax dan sara. Polisi menyebut AZ menyebarkan berita hoax tersebut melalui chanel Youtube bernama Aktual TV.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menegaskan AZ ditangkap bukan karena statusnya sebagai Direktur TV. AZ ditangkap karena menyebar hoax di chanel Youtube Aktual TV yang tidak terdaftar dalam Dewan Pers.

"Dibedakan pidana disini, beda dengan konteks pekerjaan dia. Jadi ada konten dia buat sendiri dalam satu Youtube platfromnya melalui kanal Youtube namanya Aktual TV. Ini tidak terdaftar di Dewan Pers," kata Kombes Yusri kepada dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

AZ ditangkap karena menyebar konten berbau profokasi. Konten yang disebar di Aktual TV membuat perpecahan antara TNI dengan Polri.

"Konten disebarluaskan oleh akun lainnya yang menyebabkan kegaduhan, memecah kesatuan bangsa yang dapat menganggu sinergitas TNI-Polri," beber Yusri.

Lihat Juga: Baim Wong Akui Perlakuan ke Kakek Suhud Salah: Kekurangan Gua Tidak Mengetahui Adab

Dari konten Aktual TV, media sosial lain ikut memposting konten-konten tersebut. Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi menyebut akun Youtube ini dibeli oleh tersangka dan diganti nama menjadi Aktual TV.

"Yang bersangkutan membuat akun yang diperoleh dari jual beli akun dari berbagai pihak dan yang terakhir dibentuk akun baru atas nama Aktual TV agar tidak mudah terditeksi pihak kepolisan," kata Yusri.

Seperti diketahui, Polres Metro Jakarta Pusat menangkap Direktur TV Swasta berinisial AZ karena menyebar berita hoax dan sara melalui akun Youtube Aktual TV. Selain AZ, polisi menangkap dua pelaku lainnya yang membantu tersangka AZ.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US