BMKG: Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 08:49 WIB
Ilustrasi badai. (Pexels/Ralph W. lambrecht)
Ilustrasi badai. (Pexels/Ralph W. lambrecht)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai angin kencang dan kilat terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia hari ini.

Dilansir dari Antara, Jumat (20/8/2021), wilayah yang pada Jumat berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat antara lain Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Jawa Barat.

Selain itu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga diprakirakan menghadapi hujan lebat disertai angin dan kilat.

Hujan dengan intensitas yang lebih ringan diprakirakan turun di wilayah Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

BMKG menyampaikan bahwa sejumlah wilayah harus mewaspadai potensi banjir, termasuk di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Jawa Barat.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Berharap Guru Hingga Pelajar Bersabar untuk Belajar Tatap Muka

Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat statusnya juga waspada banjir.

Di samping itu, BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai potensi angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X