Tol JORR II Diresmikan, Kejenuhan Investasi di Jakarta Bisa Dialihkan

- Sabtu, 7 Desember 2019 | 09:00 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat meresmikan Jalan Tol JORR II, Sabtu (7/12). (Istimewa)
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat meresmikan Jalan Tol JORR II, Sabtu (7/12). (Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong Jumat (06/12), di Gerbang Tol (GT) Parigi, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. 

Dalam sambutannya, Jowoki menyampaikan setidaknya ada 3 manfaat dari keberadaan Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong. Pertama, urainya, jalan tol ini akan mempercepat dan memperlancar konektivitas Banten ke Jakarta sehingga dapat menghemat waktu dan biaya BBM.

"Kedua, dengan selesainya Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong ini, kawasan-kawasan industri di Jakarta dan Banten akan semakin terintegrasi sehingga distribusi logistik akan lebih mudah dan lancar, terutama distribusi barang yang melalui Pelabuhan Merak," ujar Presiden Jokowi, dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima Indozone, Jumat (6/12). 

Manfaat ketiga adalah mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyangga Jakarta. 

“Kejenuhan investasi di Jakarta dapat dilimpahkan ke Banten sehingga dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak," ungkapnya.

 

-
Jalan Tol JORR II (Istimewa)

Selaras dengan hal tersebut, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menyatakan bahwa jalan tol ini merupakan salah satu dari total tiga Jalan Tol JORR II yang dikelola oleh Jasa Marga. Selain Kunciran-Serpong, Jasa Marga juga mengelola dua Jalan Tol JORR II lainnya, yaitu Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng.

Desi menargetkan, ketiga ruas jalan tol tersebut dapat tersambung satu sama lain di tahun depan. Saat ini setelah beroperasinya Jalan Tol Ruas Kunciran-Serpong, maka potensi kepadatan yang ada, terutama di Jalan Tol JORR eksisting, akan lebih terdistribusi sehingga diharapkan akan jauh lebih lancar. 

"Hal ini tentunya akan memperlancar arus distribusi barang dan jasa serta akan meningkatkan roda perekonomian di Jakarta dan sekitarnya," ujar Desi dalam kesempatan yang sama. 

Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran–Serpong yang dikelola oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN) ini dibagi menjadi 2 Paket, yaitu Paket I : Kunciran – Parigi sepanjang 6,711 kilometer dan Paket II : Parigi– erpong sepanjang 4,424 kilometer dan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran–Cengkareng, Jalan Tol Serpong–Cinere, Jalan Tol Jakarta–Tangerang dan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren. 

Presiden Direktur PT MTN Truly Nawangsasi memaparkan bahwa Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong yang dimiliki 60 persen Jasa Marga dan 40 persen Astra Infra ini, akan mulai dioperasikan tanpa tarif mulai tanggal 7 Desember 2019 pukul 06.00 WIB untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Sesuai peraturan, Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong akan bertarif setelah mendapatkan Surat Keputusan dari Menteri PUPR dan melalui masa sosialiasi,” tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X