Ketua MK Pimpin Penyerahan Jenazah Habibie Pada Negara

- Kamis, 12 September 2019 | 13:05 WIB
Jenazah Habibie (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc)
Jenazah Habibie (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc)

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman menjadi inspektur upacara penyerahan atau persemayaman jenazah Presiden BJ Habibie ke negara untuk dimakamkan di TMP Kalibata, Pancoran Jakarta Selatan.

Penyerahan jenazah Habibie dari pihak keluarga dilakukan oleh Thareq Kamal Habibie, yang merupakan anak ke dua Habibie. Penyerahan dilakukan secara militer dengan komandan upacara Kolonel Mar Rommy Hutagaol. 

Lantunan solawat bergema saat jenazah di bawa ke kendaraan. Jenajah akan melewati rute sekitar 18 menit menuju TMP Kalibata. Iring-iringan pengantar jenazah melewati jalur Taman Patra Kuningan, Patra Kuningan Utara, Rasuna Said, Gatot Subroto, Jalan Pasar Minggu lalu ke Jalan Raya Kalibata. 

"Saya atas nama pemerintah dan yang hadir di sini menyampaikan ikut berduka cita sedalam-dalamnya atas wafat almarhum," ujar ketua Mahkamah Institusi. 

Sebelumnya, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman mengungkapkan telah diminta oleh keluarga BJ Habibie untuk mewakili keluarga dalam serah terima jenazah kepada negara untuk dikebumikan di TMP Kalibata hari Kamis, 12 September 2019 pada pukul 12.30.

Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie tutup usia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Ia berpulang usai dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September 2019. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X