Puluhan Hektar Kawasan Taman Hutan Raya di Jambi Terbakar

- Minggu, 8 September 2019 | 15:30 WIB
Ilsutrasi/Antara/Wahdi Septiawan
Ilsutrasi/Antara/Wahdi Septiawan

Sudah 70 hektare lebih kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Thaha Syaifuddin di Kabupaten Batanghari, Jambi terbakar. Pada Kamis hingga Sabtu kemarin, 20 hektare kawasan Tahura kembali terbakar.

“Pada Kamis sampai Sabtu kemarin sekitar 20 hektare kawasan Tahura kembali terbakar, sampai saat ini sekitar 70 hektare lebih kawasan Tahura yang sudah terbakar,” ujar Ketua Tim Brigdalkar Tahura Sultan Thaha, Sandy di Jambi pada Minggu.

70 hektare kawasan Tahura yang terbakar itu terletak di kilometer 12 hingga kilometer 20 Desa Senami. Medan yang terdapat di kawasan tahura tersebut cukup berat. Petugas sempat mengalami kesulitan saat memadamkan api.

Petugas juga akan mengalami kesulitan jika kebakaran terjadi di tengah hutan. Masyarakat berharap agar hujan segera turun untuk membantu memadamkan api tersebut. "Kita sangat mengharapkan turun hujan, sehingga titik-titik api yang berada di tengah kawasan dapat terpadamkan,” kata Sandy.

Sandy mengatakan, penyebab kebakaran di kawasan Tahura ialah faktor kesengajaan oleh oknum. Pasalnya waktu terjadinya kebakaran hutan di kawasan tahura tersebut hampir terjadi di jam-jam yang sama.

Dimana kebakaran di kawasan tersebut terjadi antara pukul 14.00 Wib sampai dengan pukul 15.00 Wib. Hingga saat ini, petugas tengah melakukan penyelidikan terhadap oknum yang melakukan pembakaran lahan tersebut.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X