Berikut Ini Faktor Penyebab Seseorang Merasa Bosan Dengan Pekerjaannya

- Senin, 9 September 2019 | 13:25 WIB
ilustrasi/pixabay
ilustrasi/pixabay

Pekerjaan menjadi salah satu posisi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan bekerja, seseorang bisa memenuhi kebutuhan dirinya sendiri sekaligus untuk menyambung hidup.

Bertahan lama di satu perusahaan untuk bekerja merupakan hal yang terkadang tak dapat mendatangkan kepuasan bagi seseorang. Artinya, pekerjaan yang tengah dilakoni seseorang bisa saja tidak sesuai dengan keinginannya dan akhirnya menimbulkan rasa bosan.

Ketika rasa bosan menghampiri dalam dunia kerja, dapat menyebabkan kinerja seseorang menurun dan akhirnya mempengaruhi produktivitas perusahaan. Lantas apa saja sih penyebab seseorang merasa bosan dengan pekerjaannya? Yuk simak informasi di bawah ini.

1. Terpaksa

-
ilustrasi/pixabay

 

 

Salah satu penyebab seseorang merasa bosan dengan pekerjaannya ialah terpaksa. Keterpaksaan ini bisa disebabkan oleh susahnya diterima di perusahaan lain dengan profesi impian sehingga mengambil pekerjaan yang kurang diminati. Ketika seseorang bekerja dengan terpaksa, maka rasa bosan dengan pekerjaan akan mudah muncul.

2. Tidak sejalan dengan budaya sendiri

-
ilustrasi/pixabay

 

Pertentangan antara budaya sendiri dengan budaya kantor juga menjadi penyebab seseorang merasa bosan dengan pekerjaannya. Misalnya saja, dirumah seseorang dididik orang tuanya untuk saling berbagi dan menghormati orang lain. Sedangkan di kantor seseorang dituntut untuk profesional, salah satunya dengan berkompetisi dengan orang lain. Perbedaan budaya inilah yang dapat membuat seseorang merasa bosan dengan pekerjaannya.

3. Upah yang tidak sesuai

-
ilustrasi/pixabay

 

Salah satu harapan seseorang bekerja ialah mendapatkan penghasilan. Namun, penghasilan yang tidak sesuai akan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan bosan dalam menjalani pekerjaannya.

4. Pekerjaan yang terlalu berat

-
ilustrasi/pixabay

 

Dunia pekerjaan memang menuntut seseorang untuk bekerja ekstra dengan mematuhi berbagai peraturan yang ada. Bagi seseorang yang tidak terbiasa dengan kerja berat dan aturan yang mengekang, pekerjaan akan terasa membosankan untuk dijalani.

5. Kurangnya apresiasi atasan

-
ilustrasi/pixabay

 

Tak melulu karena alasan pribadi, kebosanan dalam pekerjaan juga bisa disebabkan oleh tidak adanya apresiasi dari atasan terhadap kinerja bawahannya. Kurangnya kepekaan atasan terhadap kebutuhan karyawan dapat menyebabkan karyawan merasa bosan bekerja di perusahaan tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X