Taman Kembang Kerep yang Diresmikan Anies Dibangun Tanpa APBD

- Jumat, 4 Oktober 2019 | 10:58 WIB
Antara/Devi Nindy
Antara/Devi Nindy

Taman Kembang Kerep Jakarta Barat yang telah diresmikan Gubernur Anies Baswedan sebagai taman percontohan, dibangun tanpa modal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Taman tersebut ternyata hanya disulap dengan bahan-bahan yang bisa didaur ulang dari sisa pemangkasan pohon. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakarta Barat Firdaus Rasid.

"Pakai bekas pemangkasan, rumput kita ambil dari tempat lain dari program pelebaran jalan. Taman ini tanpa dana, ala kadarnya, tapi bisa dimanfaatkan untuk warga sekitar," ujar Firdaus (3/10).

Pembuatan taman itu sendiri merupakan inisiatif Firdaus, guna menanggapi rencana Anies yang menargetkan pembangunan 2.000 taman di DKI Jakarta mengandalkan APBD DKI Jakarta.

Dalam waktu dekat ini, Firadus rencananya akan membangun 10 taman. Namun, dikarenakan pembangunannya harus menunggu lelang tender yang tidak pasti, pembangunan lahan seluas 5.000 meter persegi itu pun dikebut. Pembuatan taman tersebut hanya memakan waktu satu setengah bulan.

Selain berkonsep taman bermain, Taman Kembang Kerep juga dilengkapi sumur resapan untuk menampung air hujan. Taman tersebut dilengkapi area santai dan permainan seperti rumah pohon, jembatan gantung, ayunan yang dibuat dari kayu bekas pemangkasan pohon, dan juga dibangun kolam kecil untuk suasana asri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X