2 Kambing Kurban Milik Warga Tanah Datar Diterkam Oleh Beruang Madu

- Minggu, 11 Agustus 2019 | 14:01 WIB
photo/ilustrasi/ANTARA FOTO / Khalis Abdya
photo/ilustrasi/ANTARA FOTO / Khalis Abdya

Dikatakan dua ekor kambing itu akan menjadi hewan kurban. Dua ekor kambing milik warga di Jorong Sungai Salak, Nagari Koto Tangah, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mati dengan bekas gigitan di leher dan isi perutnya keluar, diduga diterkam oleh beruang madu.

"Kejadian itu diketahui pada Sabtu (10/8) pagi oleh pemilik kambing, Rosmidar, yang renananya dijadikan hewan kurban pada Minggu (11/8)," kata Camat Tanjung Emas Abramis Yuzi, di Batusangkar, Minggu.

Kejadian serupa sudah pernah terjadi

Ia mengatakan, kejadian seperti ini sudah berlangsung sejak satu minggu terakhir, bahkan sebelumnya ada juga dilaporkan ada itik warga mati dengan bekas gigitan yang diduga oleh beruang madu.

Kejadian itu terjadi di daerah Ronge, Nagari Saruaso daerah setempat. Kabarnya ada lima hingga delapan ekor itik warga yang mati akibat diterkam binatang buas tersebut.

Memasang perangkap

Untuk mengantisipasi agar hal serupa tak terjadi, pihaknya bersama warga, Polisi Kehutanan, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, resor Tanah Datar telah melakukan pemasangan perangkap dengan menyusuri jejak beruang tersebut.

Pemasangan perangkap tersebut yaitu dengan cara meletakkan makanan berupa buah di perangkap itu dan membunyikan suara-suara yang berisik yang bisa mengganggu keberadaanya, bahkan petugas juga menyiapkan tembak bius untuk melumpuhkannya.

"Uniknya makanan yang diletakkan di atas perangkap itu habis. Tapi beruang itu belum juga menampakkan diri," ujarnya.

Ia mengaku, di lokasi itu juga sudah siap sedia dua orang petugas dari Polisi Kehutanan bersenjata lengkap untuk mengamankan kalau hal serupa terjadi lagi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X