The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Dampak Positif Kemajuan Teknologi, Bikin Hidupmu Makin Asyik
photo/Ilustrasi/Pexels
News

5 Dampak Positif Kemajuan Teknologi, Bikin Hidupmu Makin Asyik

Rabu, 18 September 2019 12:49 WIB 18 September 2019, 12:49 WIB

INDOZONE.ID - Di era digital saat ini, kehidupan manusia semakin mudah. Semua proses dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Tanpa sadar, gaya hidup setiap orang pun mulai berubah. Selain itu, beberapa dampak positif lainnya juga bisa dirasakan masyarakat luas sebagai tanda kemajuan teknologi. 

Apa saja ya? Berikut ini 5 dampak postif kemajuan teknologi yang bisa bikin hidupmu semakin asyik, seperti dirangkum Indozone, Rabu (18/9):

1. Kemudahan Komunikasi

Communication
photo/Ilustrasi/Pexels

Yang pertama adalah komunikasi. Jika dulu surat-menyurat hanyalah satu pintu untuk menyambung komunikasi, maka sekarang siapa pun bisa memilih beberapa opsi untuk berhubungan. Mulai dari telepon, email, bahkan chatting melalui media sosial bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, proses komunikasi yang singkat pun didukung dengan biaya relatif terjangkau. Walau demikian, kemudahan komunikasi tetap perlu dilakukan secara berhati-hati. Pasalnya, masih ada beberapa pihak menggunakan sistem komunikasi untuk hal negatif. Karena itu masyarakat perlu cermat dalam penggunaan media komunikasi.

2. Berbelanja Antiribet

Shopping
photo/Ilustrasi/Pexels

Kini, semakin sedikit saja halangan saat kita membutuhkan sesuatu. Meski hujan, siapa pun tidak perlu takut kelaparan. Tidak memiliki kendaraan? Tenang, kita tetap bisa membeli keperluan tanpa harus datang ke lokasi.

Kegiatan berbelanja kini bisa dilakukan tanpa perlu bepergian. Cukup mencari barang yang dibutuhkan secara online dan dilanjutkan transaksi, siapa pun bisa berbelanja. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang tidak bisa bepergian, wirausahawan yang selalu sibuk bertemu klien, atau mungkin pelajar yang tidak memiliki kendaraan.

Kendati demikian, setiap orang tetap harus membatasi apa-apa saja yang akan dibeli, mengingat sekarang ini banyak orang terjebak dengan utang online karena belanja berlebihan.

3. Transaksi Tanpa Dompet

Payment
photo/Ilustrasi/Pexels

Dengan modal smartphone, transaksi bisa dilakukan di mana dan kapan saja karena sudah ada dompet elektronik yang memberikan fasilitas kemudahan bertransaksi. Ya, kamu cukup mengunduh aplikasi dompet elektronik di smartphone, kemudian mengisi saldonya. Biasanya, dompet elektronik menghadirkan banyak keuntungan, seperti promo menarik di setiap transaksi.

4. Mau Traveling Jadi Gampang

Traveling
photo/Ilustrasi/Pixabay

Bagi kamu yang hobi traveling, kini semua jadi gampang. Dengan kehadiran aplikasi pemesanan tiket transportasi secara online, rencana traveling-mu akan semakin mudah dan tidak perlu mengantre panjang untuk mendapatkan tiket.

5. Akses Informasi Semakin Terbuka

Information
photo/Ilustrasi/Pexels

Era digital turut serta mengubah arus informasi menjadi semakin cepat. Informasi dan berita secara terbuka bisa diakses siapa pun. Untuk meminjam buku pun sekarang tidak lagi harus datang ke perpustakaan atau toko buku. Tinggal unduh aplikasi penyedia buku online, kamu langsung bisa membaca buku apa saja secara gratis.

Keterbukaan informasi dan berita juga dibarengi dengan penyebaran berita-berita yang tidak benar dan sifatnya memanipulasi. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan tidak serta merta 'menelan' semua informasi yang diterima, melainkan dicari tahu dulu kebenarannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
Rizka

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US