PKS Kritisi Pemerintah Terkait Data Tak Jelas soal Corona

- Jumat, 13 Maret 2020 | 16:20 WIB
Ilustrasi pasien virus corona (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)
Ilustrasi pasien virus corona (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Politisi PKS, Mardani Ali Sera mengkritisi pemerintah yang dinilai cenderung tak berterus terang soal data virus corona di Indonesia. Belum lagi pemerintah tak mengungkap daerah mana saja yang sudah terjadi penyebaran.

"Pemerintah harus terus terang Masyarakat harus tahu level corova virus yang sebenarnya terutama terkahir level virus Covid-19 Indonesia berada di level apa," ucapnya saat dikonfirmasi Indozone, Jum'at, (13/3/2020).

Menurutnya, pemerintah harus terbuka akan data terkait pandemik corona secara global dan melakukan sosialisasi yang masih sesuai protokol WHO.

"Pemerintah harus terbuka dan juga membuka data terkait daerah yang berisiko terhadap penyakit ini. Pemerintah bisa memulai melakukan strategi pemetaan, jangan cuma menunggu dari masyarakat tapi harus jemput bola dalam penanganan pandemi ini," ungkapnya.

Dia juga mendesak Presiden Joko Widodo membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan virus covid-19. Pembetukan satgas agar penanganan covid-19 di Indonesia lebih terkoordinasi, terstruktur, terintegrasi dan jelas dibuatkan anggaran secara khusus.

Mardani juga meminta pemerintah belajar dari sejumlah negara yang berhasil menghadapi virus yang sudah menjangkit 130.000 jiwa dengan jumlah kematian hampir 5000 jiwa.

"Pemerintah bisa belajar dari negara yang sudah lebih dulu membuat sistem penanggulangan Covid-19 secara komperhensif yang efektif seperti Korea Selatan, Singapura misalnya," tegasnya.

Bahkan, sambung Mardani, ketidakseriusan pemerintah dalam penanganan virus mematikan ini akan berdampak pada pembangunan ekonomi,

"Ketidak seriusan pemerintah bisa berakibat berbagai masalah yang akan timbul, termasuk krisis ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah harus bergerak cepat, antisipasi bisa dilakukan mulai dari pembagian masker gratis misalnya kepada warga,” ujarnya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X