Beredar Video Empedu Berisi Boba, Ini Fakta Sebenarnya

- Kamis, 23 Januari 2020 | 16:36 WIB
Empedu yang dalamnya dikira boba (Screenshot)
Empedu yang dalamnya dikira boba (Screenshot)

Sebelumnya, sempat beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang pria yang menggunakan baju operasi memegang daging yang diklaim sebagai empedu manusia. Pria itu kemudian membedah empedu tersebut.

Saat dibelah, empedu itu tampak mengeluarkan bola-bola berlendir yang bentuknya disebut mirip seperti boba. Boba sendiri merupakan bola-bola tepung tapioka yang biasanya dicampur ke dalam minuman teh susu atau kopi susu.

Selain di Instagram, video tersebut juga menyebar di WhatsApp dengan narasi "Hati-hati minum boba,,ndak bsa di cerna jadi msk empedu. Share ke keluarga yg lain."

Setelah ditelusuri, video itu ternyata berasal dari pemilik akun Instagram @justageneralsurgeon. Dalam unggahannya, pemilik akun itu menambahkan caption "bag of boba". Tapi, dia juga turut menambahkan tanda pagar yang memperjelas unggahannya yaitu #gallstones yang berarti batu empedu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dr. Miyata (@justageneralsurgeon) on

Jadi, bola-bola yang terlihat di video itu bukan boba melainkan isi empedu. Hal tersebut juga telah dibenarkan oleh ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari Fahrial Syam.

“Jadi nggak mungkin secara medis, tidak mungkin boba ada di kantung seperti itu. Kalau saya lihat, itu batu-batu kecil di kantung empedu,” ujar Ari.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X