Jatuh Saat Makan, Sebuah Sumpit Sampai Menembus ke Otak Bayi Ini

- Sabtu, 5 Oktober 2019 | 10:48 WIB
ilustrasi/pexels/orientaldaily
ilustrasi/pexels/orientaldaily

Kejadian ini bermula saat orang tua bayi tersebut menyuapinya makan dengan berjalan ke sana ke mari di rumahnya. Ini karena bayi tersebut baru belajar berjalan, sehingga saat diberi makan ia tak bisa diam.

Ketika diberi makan oleh orang tuanya, tangannya sambil memegang sebuah sumpit. Tapi tiba-tiba saja bayi itu terjatuh, dengan wajah yang menyentuh lantai terlebih dahulu. Ini membuat sumpit yang dipegangnya masuk ke dalam mulut hingga menembus otaknya.

Melihat kondisi anaknya yang mengerikan, orang tua bayi ini langsung membawanya ke rumah sakit. Sesampainya di rumah sakit, ia langsung diperiksa melalui CT scan.

-
orientaldaily

Dokter mengatakan sumpit sepanjang 2 cm telah menusuk cerebellumnya atau bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk pergerakan motorik. Sumpit tersebut juga menembus area vena jugularis interna yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari otak, wajah dalam dan leher.

Dokter mengungkapkan untung saja sumpit tersebut tidak sampai menembus ke batang otaknya. Jika ini terjadi, nyawa bayi tersebut mungkin tak akan selamat.

-
orientaldaily

Kini, bayi berusia 17 bulan itu masih menjalani perawatan intensif. Ia juga harus melewati risiko terkena infeksi intrakranial, yaitu infeksi yang dapat mengenai selaput meninges ataupun otak.

Kejadian yang dialami oleh bayi ini bukan baru sekali terjadi. Rumah sakit setempat telah menerima sekitar 10 kasus yang sama dalam kurun waktu satu tahun belakangan. Dari kejadian ini, dokter mengingatkan para orang tua untuk selalu menjaga dan mengawasi anaknya saat makan.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X