Jokowi Kirim Ribuan Paket Bantuan ke Wamena Papua

- Rabu, 2 Oktober 2019 | 12:46 WIB
 Ilustrasi warga yang mengungsi. (Antara/Iwan Adisaputra)
Ilustrasi warga yang mengungsi. (Antara/Iwan Adisaputra)

Presiden Joko Widodo mengirimkan sejumlah paket bantuan ke warga Wamena, Papua yang terimbas kerusuhan. Kerusuhan yang terjadi di Wamena membuat warga terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini, mengatakan paket bantuan Presiden untuk Wamena sedang dalam perjalanan menuju Papua.

"Ada 1.380 paket yang akan disalurkan, dan direncanakan tiba di kota Wamena pada Rabu (2/10)," kata Erlin.

Bantuan tersebut diangkut pesawat Hercules A-1320 TNI-AU yang bertolak dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa (1/10).

Paket bantuan yang disalurkan terdiri dari 5 Kg beras, 1 Kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, 1 kotak teh celup, 1 kotak biskuit dan 1 botol air mineral.

Sebelumnya, Kementerian Sosial juga mengirimkan bantuan logistik bagi kelompok rentan dan penyintas. Bantuan tersebut dalam bentuk logistik, usaha perekonomian produktif, dan santunan bagi ahli waris korban meninggal.

Kerusuhan yang terjadi dalam demonstrasi yang berlangsung di Wamena menyebabkan 32 orang meninggal dunia, 77 orang terluka, dan 9.240 warga mengungsi.

Kerusuhan di Wamena juga menyebabkan 224 mobil dan 150 sepeda motor terbakar serta menimbulkan kerusakan 165 rumah, 20 kantor, dan 456 tempat usaha milik warga.

Akibat kerusuhan itu, menurut data Kementerian Sosial, sebanyak 8.617 warga mengungsi di 25 posko pengungsian yang tersebar di Wamena dan 523 warga mengungsi di lima lokasi di Jayapura.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X