Selain Donald Trump, Ini Deretan Presiden yang Pernah Dimakzulkan

- Jumat, 20 Desember 2019 | 10:30 WIB
Kongres Amerika Serikat saat mengumumkan pemakzulan Donald Trump. (Reuters/Tom Brenner)
Kongres Amerika Serikat saat mengumumkan pemakzulan Donald Trump. (Reuters/Tom Brenner)

Kongres Amerika Serikat (House of Representative) yang didominasi oleh Partai Demokrat, sepakat untuk menjatuhkan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump, dalam voting dengan dua dakwaan yang dilakukan di Gedung Capitol, Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (18/12) malam waktu setempat. 

Kendati Kongres menyepakati untuk melakukan pemakzulan terhadap Donald. Namun, proses untuk menurunkan Trump, sejatinya masih panjang. Usai voting yang disepakati di Kongres, hasilnya akan dibahas dalam Senat Amerika Serikat dalam persidangan. Jika ingin memakzulkan Trump, perlu kesepakatan dari dua pertiga suara di Senat Amerika Serikat. 

-
Donald Trump. (Reuters/Leah Millis)

 

Sejarah Amerika Serikat mencatat, pemakzulan yang diajukan terhadap presiden, selalu gagal di Senat Amerika Serikat. Ini yang dialami oleh Bill Clinton dan Andrew Jhonson. Sementara, Richard Nixon memilih untuk mengundurkan diri, sebelum sidang Senat Amerika Serikat.

Di Asia, ada Presiden Pakistan Pervez Musharraf yang mengundurkan diri setelah dihadapkan pada rencana pemakzulan pada tahun 1998 lalu. Selain Negeri Paman Sam, sejumlah pemimpin negara di berbagai belahan dunia juga pernah mengalami pemakzulan, bahkan hingga benar-benar turun dari kekuasaannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya: 

Indonesia

Presiden keempat mendiang almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dimakzulkan dalam Sidang Istimewa MPR pada 23 Juli 2001. Pangkal perkaranya, tudingan penyalahgunaan Dana Yanatera Bulog dan bantuan Sultan Brunei Darussalam. Ada juga kisruh pergantian Kapolri yang membuat ia bersinggungan dengan DPR.

-
Abdurrahman Wahid. (Reuters/Mark Baker)

 

Iran

Masih di Asia, ada Seyyed Abolhassan Banisadr, presiden pertama Iran pada tahun 1979 setelah berakhirnya sistem monarki. Ia dimakzulkan parlemen pada 20 Juni 1981 karena dianggap tidak memiliki efektifitas politik.

Filipina

Negara Asia lain yang presidennya pernah dimakzulkan adalah Filipina. Joseph Ejercito Estrada, presiden ke-13 Filipina ini dilantik pada tahun 1998. Mantan aktor ternama ini dituding melakukan korupsi dan dimakzulkan pada tahun 2001. 

Korea Selatan

Negeri Gingseng pun pernah mengalami pemakzulan Presiden. Ini dialami oleh Park Geun-hye yang dilantik sebagai presiden tahun 2013. Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi Korea Selatan memutukan Park terlibat dalam skandal bersama teman dekatnya Choi Soon-sil, terkait dakwaan penyuapan, korupsi dan kolusi.

-
Park Geun-hye. (Reuters/Kim Hong Ji)

 

Lithuania

Bergeser ke Eropa, Lithuania menjadi negera di Benua Biru yang pernah memiliki sejarah pemakzulan presiden. Dilantik pada tahun 2003, Rolandas Paksas dimakzulkan pada tahun 2004 oleh Parlemen Lithuania, lantaran tidak menghormati konstitusi dan ingkar janji. Termasuk tuduhan bisnis ilegal dan pemberian status kewarganegaraan secara tidak sah pada Yuri Borisov.

Ukraina

Presiden Ukraina Viktor Yanukovych dimakzulkan oleh Parlemen Ukraina pada 22 Februari 2014, akibat kerusuhan dalam unjuk rasa di Kiev yang membuat 77 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Bahkan, Yanukovych menghadapi tuduhan pembunuhan massal para pengunjuk rasa.

-
Viktor Yanukovych. (Reuters/Brendan McDermid)

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X