SBY: BJ Habibie Bukan Hanya Bapak Reformasi dan Demokrasi

- Kamis, 12 September 2019 | 10:53 WIB
Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8). (Antara/Sigid Kurniawan).
Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8). (Antara/Sigid Kurniawan).

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, memuji Bacharuddin Jusuf Habibie ketika takziah ke rumah duka, di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9). 

SBY datang ke rumah duka bersama anak sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono dan istrinya Annisa Larasati Pohan. Mereka tiba di lokasi sekira pukul 09.34 WIB. 

"Bangsa Indonesia berduka. Kita kehilangan lagi salah satu putra terbaik bangsa, Bapak BJ Habibie. Saya harus mengatakan kita sungguh kehilangan, beliau bukan hanya bapak reformasi, bapak demokrasi, tetapi juga bapak teknologi," kata SBY. 

SBY mengaku punya kedekatan personal dengan BJ Habibie. Oleh karenanya, Ketua Umum partai Demokrat itu sangat kehilangan ketika sahabatnya dipanggil Yang Maha Kuasa. 

"Saya memiliki kedekatan secara pribadi baik sebelum jadi Presiden, terutama era reformasi juga setelah saya menjadi presiden. Bahkan saat kami berdua tidak lagi berada di pemerintahan. Terus terang ketika Ibu Ani berpulang, hubungan keluarga kami makin dekat," tutur SBY. 

"Saya yakin keputusan Allah merupakan keputusan terbaik. Saya sebagai sahabat, sebagai adik beliau, ikut mendoakan semogabeliau hidup tenang di sisi Allah Subhana wa Ta'ala," ucap SBY.

BJ Habibie akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, siang nanti. Sejumlah pengalihan arus lalu lintas pun diterapkan agar proses pemakaman berjalan lancar.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X