Anggaran Sektor Pertanian Minim, AHY Sebut Pemerintah Kurang Perhatikan Nasib Petani

- Rabu, 15 Maret 2023 | 02:01 WIB
Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan pemerintah kurang memperhatikan petani. Itu terlihat dari minimnya anggaran yang dialokasikan untuk sektor pertanian.

“Tahun ini saja, anggarannya hanya 15 Triliun rupiah. Angka ini setara dengan alokasi APBN untuk sektor pertanian tahun 2014. Padahal, postur APBN tahun 2023 ini, 700 Triliun rupiah lebih banyak dari 2014,” kata AHY dalam pidato politiknya di Tennis Indoor Stadium, Senayan, Jakarta, dikutip Rabu (15/3/2023).

Minimnya anggaran untuk sektor pertanian menjadi sesuatu yang ironis. Pasalnya, dari 143 juta tenaga kerja, sektor pertanian menyumbang 38 juta pekerja atau 26 persennya.

-
Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Baca Juga: Partai Demokrat Harap Pemilu 2024 Fair Play, AHY: No Justice, No Peace!

“Jadi, sektor pertanian merupakan penyerap tenaga kerja yang paling utama,” tuturnya.

Atas dasar itu, putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, bakal memperjuangkan nasib para wong cilik yang kurang mendapatkan perhatian negara.

Salah satu agenda perubahan yang diusung Demokrat, kata AHY, perbaikan kebijakan ekonomi. Termasuk, lanjut dia, soal menerapkan kebijakan fiskal yang tepat demi meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga: Putusan PN Jakpus Tunda Pemilu 2024 Ngga Banget buat Ketum Partai Demokrat AHY

“Salah satu agenda perubahan kita adalah perbaikan kebijakan ekonomi, termasuk kebijakan fiskal yang tepat, adil, dan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X