Presiden Jokowi Sampaikan Pesan Zelensky ke Putin Secara Tak Tertulis

- Minggu, 3 Juli 2022 | 09:47 WIB
Kolase Presiden Jokowi dan Voldymyr Zelensky di Kiev, Ukraina dan bersama Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow. (BPMI/Setpres/Laily Rachev)
Kolase Presiden Jokowi dan Voldymyr Zelensky di Kiev, Ukraina dan bersama Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow. (BPMI/Setpres/Laily Rachev)

Pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin tidak tertulis.

Hal itu disampaikan kata Juru Bicara Pemerintahan Rusia atau Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

"Itu bukan pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya sampaikan kepada Anda," katanya, mengutip media Rusia, TASS, Minggu (3/7/2022).

Presiden Jokowi bertemu dengan Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia pada Kamis (30/06/2022). Setelah melakukan pertemuan, Jokowi menyampaikan pesan dari Zelensky kepada Putin.

Baca juga: Netflix Jadi Layanan Streaming yang Paling Kurang Memuaskan Pelanggan

Presiden Jokowi menegaskan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus dibuka.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” ucap Presiden Jokowi mengutip laman Setkab.

Sebelum ke Moskow, Jokowi melakukan perjalanan ke Kiev di mana ia bertemu dengan Volodymyr Zelensky.

TASS juga mengutip pernyataan Juru Bicara Zelensky, Sergey Nikiforov, yang mengatakan bahwa pemimpin Ukraina, akan menyampaikan pesan kepada siapa saja, termasuk Putin, melalui pidato yang disiarkan untuk publiknya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X