AHY Berduka Atas Wafatnya Eks PM Jepang Shinzo Abe: Ini Peristiwa Tragis dan Mengejutkan

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 10:40 WIB
Kiri: AHY (ANTARA/Putu Indah Savitri/) / Kanan: Mantan PM Jepang Shinzo Abe meninggal dunia (REUTERS/Bruno Kelly)
Kiri: AHY (ANTARA/Putu Indah Savitri/) / Kanan: Mantan PM Jepang Shinzo Abe meninggal dunia (REUTERS/Bruno Kelly)

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe.

"Hari ini, kita kehilangan pemimpin luar biasa lainnya. Meninggalnya Abe dalam sebuah insiden tragis membuat dunia terkejut dan sedih. Belasungkawa terdalam dan tulus dari kami untuk keluarga dan kerabat tercintanya," ucap AHY, Sabtu (9/7/2022).

Putra dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menilai, mendiang Abe merupakan sosok yang bukan hanya menjabat sebagai PM terlama, tetapi juga mampu memimpin kemajuan di Jepang yang luar biasa.

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Dinyatakan Meninggal Dunia Usai Jadi Korban Penembakan

"Ia juga seorang pemimpin internasional yang terbukti bekerja dengan nilai-nilai dan cita-cita untuk membawa perdamaian dan pembangunan di kawasan dan dunia. Warisannya akan selalu ada," tambahnya.

Tak lupa, AHY juga mengingatkan betapa pentingnya nilai demokrasi dalam insiden ini. Ia menegaskan kalau demokrasi harus dibangun dengan rasa perdamaian, anti kekerasan hingga kemanusiaan.

"Wafatnya Abe harus memperkuat komitmen kita terhadap demokrasi yang harus dibangun di atas dasar perdamaian, anti kekerasan dan kemanusiaan," tandas AHY.

Sebelumnya sekitar pukul 11.30 waktu setempat, mantan PM Jepang Shinzo Abe, yang sedang memberikan pidato di dekat Stasiun Yamato-Saidaiji di Kota Nara, ditembak oleh seorang pria tak dikenal

Shinzo Abe yang ditembak dengan senjata selama pidato, meninggal di sebuah rumah sakit di Kota Kashihara, Prefektur Nara, di mana ia dirawat. Ia meninggal di usia 67 tahun.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X